Evelyn N. Deno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Evelyn Neva Deno (lahir pada 29 Agustus 1911) adalah seorang psikolog perkembangan yang memfokuskan dirinya dalam bidang perancangan dan penyampaian jasa pemberian bantuan (helping service) untuk anak-anak berkelainan dan orang tua anak.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Deno menyelesaikan pendidikan tinggi pada usia belia, yakni tujuh belas tahun. Kemudian pada tahun 1950 ia berhasil meraih gelar MA. Gelar Ph.D diperolehnya pada tahun 1958 dalam bidang perkembangan anak dan psikologi klinis dari Universitas Minnesota. Kariernya berlanjut saat ia diangkat menjadi direktur utama sebuah institusi sekolah umum dalam pendidikan luar biasa dan rehabilitasi di Minneapolis. Pada tahun 1967, Deno kembali ke Universitas Minnesota dan menjabat sebagai profesor psikologi pendidikan merangkap sebagai direktur suatu institusi yang bernama Psycho-Educational Center. Dalam periode yang sama, ia pun menjabat sebagai wakil direktur Institut Pelatihan Kepemimpinan untuk Biro USOE bidang Pengembangan Profesi.[1]

Konsep dan diagram kaskada mengenai jasa/layanan pendidikan luar biasa (Cascade of Special Education Services) membuat nama Deno dikenal oleh dunia. Deno selalu menyoroti sistem layanan pemberian bantuan dan agen-agen politis dalam rangka mempererat keterkaitan antara aspirasi individual dan gambaran-gambaran sosial serta realitas-realitas fisik yang ditemuinya dalam lingkungan.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Yang menjadi titik perhatian Deno sebenarnya adalah proses regulasi (pengaturan) masalah dari orang-orang dewasa dan rancangan, serta program-program implementasi. Deno mendapatkan beberapa penghargaan atas kontribusinya dalam bidang yang digelutinya. Model penyampaian layanan yang telah dirancang dan diujinya, diberlakukan sebagai prototipe layanan nasional. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Baihaqi, MIF; Reynolds, Cecil; Mann, Lester (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendana. hlm. 140. ISBN 9786028395755.