Eusko Abendaren Ereserkia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Eusko Abendaren Ereserkia atau dikenal juga dengan Euskadiko Ereserkia saja, secara harfiah berarti lagu etnis Basque, adalah lagu kebangsaan Negeri-Negeri Otonomi Basque, Spanyol. Judul aslinya menggunakan ortografi Euzko. Lagu ini sering disalahkaprahkan dengan Eusko Gudariak ("Prajurit Basque"), yang menjadi lagu Eusko Gudarostea (Tentara Basque saat perang saudara Spanyol) dan Gernikako Arbola ("Pohon Guernica), lagu popular di Basque.

Lagu ini dinyanyikan dalam nada tradisional Basque. Pencipta nadanya tidak diketahui dengan pasti. Namun penulis liriknya adalah salah satu nasionalis terkenal Basque, Sabino Arana. Pada tahun 1905, Cleto de Zabala, pemusik dari Basque mengadopsi kalimat "Gora ta gora" dari Arana. Pada tanggal 29 April, lagu ini diperkenalkan Zabala dengan judul "Himno de la Patria Vasca-Eusko Abendaren Ereserkia". Lagu ini digunakan oleh partai Arana, PNV, dan pada tahun 1930 digunakan oleh pemerintahan Basque.

Pada tahun 1936, lagu ini diadopsi oleh Pemerintah Basque Pertama, yang salah satunya dibentuk PNV, memutuskan lagu ini sebagai lagu kebangsaan, tanpa melodi agar tidak dikonotasikan dengan partai tertentu.

Pengesahan ulang oleh parlemen Basque pada 14 April 1983, melalui Undang Undang No 8/1983, ditentang oleh beberapa partai karena menganggap lagu ini terlalu erat hubungannya dengan PNV dibanding keseluruhan Basque. Lagu ini disahkan tanpa lirik, karena merasa teks yang ditulis Arana terlalu relijius dan erat kaitannya dengan PNV.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Sebagai lagu kebangsaan, Eusko Abendaren Ereserkia diputarkan tanpa lirik untuk mengiringi tarian yang kemudian menjadi penghormatan atas bendera yang sedang dikibarkan. Komposisi yang sering dipakai untuk acara resmi dibuat oleh Tomás Aragüés.

Lirik[sunting | sunting sumber]

Eusko Abendaren Ereserkia (Basque)
Gora ta Gora Euskadi
aintza ta aintza
bere goiko Jaun Onari.
Areitz bat Bizkaian da
Zar, sendo, zindo
bera ta bere lagia lakua
Areitz gainean dogu
gurutza deuna
beti geure goi buru
Abestu gora Euskadi
aintza ta aintza
bere goiko Jaun Onari
Lagu Kebangsaan Etnis Basque (dalam Bahasa Indonesia)
Naiklah dan naiklah Negeri Basque
jayalah dan jayalah
untuk Tuhan yang Baik di atas sana.
Ada sebuah pohon oak di Biscay
tua, kuat, dan sehat
sebagaimana hukumnya
Di pohon itu kita temukan
salib suci
selalu ada di atas kita
Nyanyikanlah "Majulah Negeri Basque"
jayalah dan jayalah
untuk Tuhannya yang baik di atas sana