Eugen d'Albert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eugen d'Albert pada tahun 1904

Eugen (sejujurnya Eugène) Francis Charles d'Albert (10 April 1864 – 3 Maret 1932) adalah seorang pianis dan komposer kelahiran Skotlandia.[1]

Dididik di Inggris, d'Albert menunjukkan bakat musik awal dan, pada usia tujuh belas, ia memenangkan beasiswa untuk belajar di Austria. Merasa memiliki kekerabatan dengan budaya dan musik Jerman, ia segera beremigrasi ke Jerman, di mana ia belajar dengan Franz Liszt dan memulai karir sebagai pianis konser. D'Albert menolak pelatihan dan pendidikan awalnya di Skotlandia dan menganggap dirinya orang Jerman.

Saat mengejar karirnya sebagai pianis, d'Albert semakin fokus pada komposisi, memproduksi 21 opera dan hasil yang cukup besar dari piano, vokal, kamar dan karya orkestra. Operanya yang paling sukses adalah Tiefland, yang ditayangkan perdana di Praha pada tahun 1903. Karya orkestranya yang sukses termasuk konser cello (1899), sebuah simfoni, dua kuartet gesek, dan dua konserto piano. Pada tahun 1907, d'Albert menjadi direktur Hochschule für Musik di Berlin, di mana ia memberikan pengaruh luas pada pendidikan musik di Jerman. Dia juga memegang jabatan Kapellmeister di Pengadilan Weimar.

D'Albert menikah enam kali, termasuk dengan pianis-penyanyi Teresa Carreño, dan berturut-turut menjadi warga negara Inggris, Jerman dan Swiss.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The nearby address of 9 Newton Terrace has been widely copied in the literature and on the web, but 4 Crescent Place is given in the statutory register of births (Gen. Reg. Office Scotland ref 644/08 0715) and in the notice of Eugène's birth in the Glasgow Herald of 12 May 1864.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Ainger, Michael (2002). Gilbert and Sullivan – A Dual Biography. Oxford: Oxford University Press.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Lederer, Josef-Horst: "Albert, Eugen d'", in: Die Musik in Geschichte und Gegenwart (MGG), biographical part, vol. 1 (Kassel: Bärenreiter, 1999), cc. 336–339.
  • Pangels, Charlotte: Eugen d'Albert: Wunderpianist und Komponist: eine Biographie (Zürich & Freiburg: Atlantis Musikbuch-Verlag, 1981), ISBN 3-7611-0595-9.
  • Raupp, Wilhelm: Eugen d'Albert. Ein Künstler- und Menschenschicksal (Leipzig: Koehler und Amelang, 1930).
  • Sadie, Stanley (ed.): The New Grove Dictionary of Opera, 4 vols. (1992).
  • Tyler, Luke: Eugen d'Albert (1864–1932) and His Piano Sonata, Op. 10: Its Use of Unifying Devices and Formal Structure (DA diss, Ball State University, 2014).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Eugen d'Albert