Etta Lemon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Etta Lemon
A middle-aged Victorian woman.
Etta Lemon pada tahun 1913
LahirMargaretta Louisa Smith
22 November 1860
Hythe, Kent, Inggris
Meninggal8 Juli 1953(1953-07-08) (umur 92)
Redhill, Surrey, Inggris
Nama lainEtta Lemon
Dikenal atasAnggota Pendiri RSPB

Margaretta "Etta" Louisa Lemon MBE (née Smith; 22 November 1860 – 8 July 1953) adalah seorang konservasionis burung Britania Raya dan anggota pendiri organisasi konservasi yang sekarang disebut Royal Society for the Protection of Birds (RSPB). Dia dilahirkan dalam keluarga Kristen evangelis di Kent, setelah kematian ayahnya, dia semakin gencar berkampanye menentang penggunaan bulu dalam pembuatan topi, yang telah menyebabkan miliaran burung dibunuh untuk diambil bulunya. Dia mendirikan Fur, Fin, dan Feather Folk dengan Eliza Phillips di Croydon pada tahun 1889, dua tahun kemudian bergabung dengan Society for the Protection of Birds (SPB) Emily Williamson yang berbasis di Manchester, juga didirikan pada tahun 1889. Organisasi baru tersebut mennggunakan singkatan nama SPB, dan Frank Lemon menjadi penasihat hukumnya. Etta menikah dengan Frank Lemon pada tahun 1892. Sebagai Nyonya Lemon ia menjadi sekretaris kehormatan pertama SPB, jabatan yang dipegangnya hingga tahun 1904, ketika perkumpulan tersebut berganti nama menjadi RSPB.

Lemon memimpin RSPB selama lebih dari tiga dekade, meskipun konservatisme Etta, manajemen otoriter, dan penentangan terhadap ornitologi ilmiah semakin menyebabkan bentrokan dengan komite organisasi. Dia ditekan untuk mengundurkan diri dari peran kepemimpinannya pada tahun 1938, pada usia 79 tahun. Selama masa jabatannya, Undang-Undang Impor Bulu (Larangan) 1921 membatasi perdagangan internasional bulu, tetapi tidak mencegahnya untuk dijual atau dipakai.

Lemon diangkat sebagai Anggota Ordo Kerajaan Britania Raya pada tahun 1920 atas kerjanya untuk manajemen Rumah Sakit Perang Redhill selama Perang Dunia Pertama. Dia bekerja untuk banyak organisasi lain, termasuk Rumah Sakit Royal Earlswood, Liga Anti Hak Pilih Wanita Nasional, dan cabang Palang Merah setempat. Lemon adalah salah satu dari empat anggota kehormatan wanita pertama dari British Ornithologists' Union (BOU) yang diterima pada tahun 1909, meskipun dia tidak pernah menganggap dirinya sebagai ahli burung. Dia meninggal di Redhill pada usia 92 tahun 1953 dan dimakamkan di samping suaminya di pemakaman Reigate.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]