Esperantujo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Esperantujo
Wilayah linguistik
Bendera Esperanto
Bendera
Simbol Ulang Tahun Esperanto
Symbol
Lagu: "La Espero"
Negara dengan Asosiasi Esperantis aktif
Negara dengan Asosiasi Esperantis aktif
Penduduk
 • Perkiraan (1999)2 juta
DemonimEsperantist
LanguageEsperanto

Esperantujo (IPA: [es.pe.ran.ˈtu.jo]) atau Esperantio IPA: [es.pe.ran.ˈti.o] (yang berarti "tanah Esperanto") adalah komunitas penutur bahasa dan budaya Esperanto, serta tempat-tempat dan lembaga-lembaga di mana bahasa Esperanto digunakan, yang dirujuk sebagai seolah-olah adalah sebuah negara. Meskipun tidak menempati daerah tersendiri di permukaan Bumi, Esperantujo dapat dikatakan menempati wilayah 120 negara yang memiliki Asosiasi Esperanto Nasional sendiri.

Kata "Esperantujo" dibentuk seperti untuk penamaan negara. Dalam bahasa Esperanto, nama-nama negara dibentuk dari nama penduduk mereka ditambah akhiran -ujo, misalnya "Prancis" Francujo, dari franco (orang Prancis).

Istilah yang sepadan dengan Francujo adalah Esperantistujo (tanah Esperantis). Namun, istilah ini lebih merujuk kepada hal yang berhubungan dengan ras bangsa, sedangkan hal ini tidak berkaitan dengan Esperanto yang notabene merupakan bahasa universal bagi semua bangsa di dunia.

Saat ini, nama-nama negara yang sering terbentuk dengan akhiran -io secara tradisional diperuntukkan untuk nama-nama negara yang berasal dari fitur geografis. Contohnya adalah istilah Francio, dan istilah Esperantio yang baru-baru ini digunakan sebagai istilah resmi di Pasporta Servo dan Komunitas Warga Esperanto.

Etimologi dan terminologi[sunting | sunting sumber]

Verda Flago, atau Bendera Hijau

Bendera Esperanto disebut Verda Flago (Bendera Hijau). Bendera ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • berwarna hijau dengan rasio lebar:panjang 2:3, dengan warna hijau melambangkan harapan. Penggunaan warna hijau tidak diatur secara resmi, tapi warna hijau dengan kode 009900 adalah yang paling sering digunakan.
  • di pojok kiri atas terdapat kotak putih yang melambangkan perdamaian dan netralitas
  • bintang hijau bersudut lima yang dikenal sebagai Verda Stelo (Green Star), yang melambangkan lima benua.

Lagu kebangsaan Esperanto disebut "La Espero" sejak 1891. Lagu ini awalnya adalah puisi yang ditulis oleh L. L. Zamenhof. Lagu ini biasanya dinyanyikan bersamaan dengan mars kemenangan yang diciptakan oleh Félicien Menu de Ménil pada tahun 1909.

Simbol Peringatan Esperanto melambangkan bahasa Esperanto secara internal, sementara bendera mewakili pergerakan Esperanto di luar komunitas. Simbol Peringatan berisi huruf Latin E (Esperanto) dan huruf Sirilik Э (Эсперанто) yang melambangkan penyatuan dari Barat dan Timur.

Selain itu, Ludwik Lejzer Zamenhof, pencipta bahasa Esperanto, sering digunakan secara pribadi sebagai simbol Esperanto. Kadang-kadang ia bahkan disebut "Paman Zam", mengacu pada tokoh fiktif yang melambangkan Amerika Serikat Paman Sam.

Referensi[sunting | sunting sumber]