Es kuwut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Es kuwut
SajianHidangan penutup
Tempat asalIndonesia
DaerahBerasal dari Bali, namun populer secara nasional di Indonesia
Suhu penyajianDingin
Bahan utamaEs, kelapa, selasih, melon, susu kental manis,jeruk nipis,sirup melon,timun, gula.
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Es kuwut merupakan sejenis minuman koktail dingin khas Bali yang terbuat dari air kelapa yang dicampur dengan serutan kelapa, serutan melon atau timun, biji selasih, perasan jeruk nipis, sirup melon , es batu dan terkadang ditambahkan susu , santan, atau nata de Coco.[1]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Penamaan kuwut sendiri berarti daging kelapa atau kelapa. Minuman ini merupakan minuman asli Bali yang kini dapat ditemui dan populer di seluruh Indonesia. Bagi orang-orang yang tidak mampu membeli melon, atau pedagang yang ingin menurunkan harga dagang, terkadang melon digantikan dengan serutan timun. Dalam pembuatan es kuwut, penggunaan sirup melon dapat digantikan dengan bahan lain seperti gula yang dicairkan atau sirup berperisa leci atau jeruk. Air kelapa yang digunakan juga dapat ditambahkan susu kental manis. Variasi es kuwut kekinian juga kian variatif, terkadang nata de Coco, jeli, potongan buah naga atau semangka ditambahkan dalam es kuwut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ briliofood.net (2020-10-09). "10 Resep es kuwut yang segar, nikmat, dan praktis". briliofood.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-08.