Ernst Ludwig Kirchner

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gambar Ernst Ludwig Kirchner


Ernst Ludwig Kirchner adalah seorang pelukis dan seniman grafis Jerman yang dilahirkan pada tanggal 6 Mei 1880 dan meninggal pada tanggal 15 Juni 1938 di Davos, Swiss. [1][2]Kirchner adalah salah satu pemimpin dari kelompok seniman ekspresionis yang bernama Die Brücke (Sang Jembatan).[1][2] Gaya seninya yang dewasa bersifat personal dan dikenal dengan penekana psikologis dan erotisme.[1][2] Pada tahun 1898 Kircher terkesan oleh karya-karya seni grafis seniman-seniman Gothik terutama Albrecht Durer yang mempengaruhi karya-karyanya.[1][2] Namun, pengaruh dari gerakan kelompok the Jugendstil dan seni dinamis dari pelukis ekspresionis asal Norwegia Edvard Munch, membawa Kirchner untuk menjadikan lebih sederhana lukisan-lukisannya dan memberi pewarnaan yang lebih cerah pula—sebuah pengembangan yag dibantu dari penemuan seni Afrika dan Polinesia pada tahun 1904.[1][2] Pada periode antara 1901 dan 1905, Kirchner belajar arsitektur di Dresden, Jerman.[1][2] Namun, obsesinya terhadap seni lukis tetap ia lanjutkan dan pada tahun 1905 dia menemukan Die Brücke bersama dengan Erich Heckel dan Karl Schmidt-Rottluff. Seniman-seniman lain seperti Emil Nolde, kemudian ikut pula bergabung.[1][2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris)"Ernst Ludwig Kirchner". Britannica. Diakses tanggal 16 juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ a b c d e f g (Inggris)"The Art Story". Biography.com. Diakses tanggal 16 juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)