Ernst Heinkel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ernst Heinrich Heinkel (24 Januari 1888 - 30 Januari 1958) merupakan seorang desainer atau perancang dan produsen pesawat terbang, dan anggota partai Nazi. Dia dilahirkan di Remshalden, Jerman pada tanggal 24 Januari 1888 dan meninggal di Stuttgart, Jerman pada 30 Januari 1985. Dia memiliki perusahaan bernama Heinkel Flugzeugwerke yang memproduksi Heinkel ke 178, pesawat turbojet dan pesawat jet pertama di dunia, serta Heinkel ke 176, pesawat roket pertama.

Perjalanan Hidup[sunting | sunting sumber]

Ernst dilahirkan di Grunbach dan memulai pekerjaan pertamanya sebagai masinis magang di pengecoran. Dia belajar di Akademi Teknis di Stuttgart, tempat ia awal Ernst tertarik pada penerbangan karena dia tertarik dengan Graf Ferdinand von Zeppelin. Pada tahun 1909, dia menghadiri pameran udara internasional di Frankfurt am Main. Dari peristiwa itu, dia mulai berpikir bahwa dunia penerbangan ada alat transportasi masa depan. Oleh karena itu, pada tahun berikutnya dia mulai memproduksi pesawat berdasarkan rencana rangkaian Henri Farman. Heinkel menabrak pesawat pada tahun 1911 dan menderita cedera parah. Setelah itu, dia mendapatkan pekerjaan di Luft-Verkehrs Gesellschaft (LVG), yang sedang membangun pesawat Farman. Heinkel mengklaim desain pesawat Albatros B.II, pesawat pengintai dan pelatih yang berhasil digunakan pada tahap awal Perang Dunia Pertama , tetapi perancang utamanya sebenarnya adalah Robert Thelen. Setelah itu, Heinkel merancang beberapa daratan dan pesawat amfibi untuk perusahaan Hansa-Brandenburg mulai tahun 1914.

Pada tahun 1921, Heinkel diangkat menjadi kepala desainer di Caspar-Werke. Dan pada tahun 1922, dia mendirikan perusahaannya sendiri yang diberi nama Heinkel-Flugzeugwerke di Warnemünde. Namun, karena adanya masalah pembatasan akan pembuatan pesawat Jerman karena Perjanjian Versailles, Heinkel mencari kontrak di luar negeri, dengan beberapa desain pesawat amfibi yang sedang dibangun dengan lisensi di Swedia. Setelah Adolf Hitler berkuasa, desain pesawat perusahaan Heinkel menempati bagian penting dari kekuatan Luftwaffe yang tumbuh pada tahun-tahun menjelang Perang Dunia Kedua. Karyanya ini termasuk Heinkel He 59, Heinkel He 115 dan Heinkel He 111. Dia ditunjuk sebagai Wehrwirtschaftführer oleh pemerintah Jerman atas komitmennya untuk mempersenjatai kembali. Meskipun ia jatuh ketidaksukaan dengan Nazi di akhir perang, ia ditangkap oleh Sekutu dan diadili karena kejahatan perang; dia dibebaskan setelah persidangan. Setelah perang, Jerman dilarang membuat pesawat, dan perusahaan Heinkel pun ditutup. Selanjutnya, perusahaan Heinkel pun membuat transportasi pribadi pada tahun 1950.

Heinkel meninggal pada tahun 1985 di Stuttgart dan autobiografinya yang berjudul Stürmisches Leben , diterbitkan pada tahun 1956 dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai He1000 dalam edisi Inggris dan Stormy Life: Memoirs of the Pioneer of the Air Age dalam edisi AS-nya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]