Eparki Brazzaville dan Gabon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eparki Brazzaville dan Gabon adalah sebuah eparki yang berada di bawah yurisdiksi Gereja Ortodoks Aleksandria dan Seluruh Afrika. Teritorial eparki tersebut meliputi paroki-paroki dan misi-misi yang terletak di Republik Kongo atau Kongo-Brazzaville, dan Gabon, yang bernama resmi Republik Gabon.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Pada 2004, Arkimandrit Theologos (Chrysanthakopoulos) memegang tanggung jawab atas misi di Kongo Brazzaville yang pada masa itu merupakan bagian dari Metropolis Afrika Tengah. Misi tersebut didirikan sebagai Eparki Brazzaville dan Gabon lewat Dekrit Patriarkat dan Sinodal pada 7 Oktober 2010 oleh Sinode Kudus Patriarkat Aleksandria.

Sebuah pusat diosesan dikembangkan di kota Pointe Noire, di mana Gereja St. Dimitrios orang Myroblete dan Gereja Kenaikan dibangun. Gereja St. Irene dan St. Nikolas, serta panti asuhan, “Agios Efstathios”, didirikan di kota Dolisie. Di kota Nkayi, Gereja Transfigurasi Juruselamat juga dibangun.

Di Gabon pada 2007, yang saat itu berada di bawah yurisdiksi Metropolis Kamerun, sebuah kelompok misionaris menghimpun komunitas umat Kristen Ortodoks asli di kota Libreville dan membangun Gereja St. Dimitrios.

Ordinaris[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]