Entalpi neutralisasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Entalpi neutralisasi (ΔHn) adalah perubahan entalpi saat asam dan basa mengalami reaksi netralisasi yang membentuk air dan garam. Entalpi ini didefinisikan sebagai energi yang dikeluarkan selama pembentukan satu mol air.

Saat reaksi dilakukan dalam kondisi standar dengan suhu 298 K (25 derajat Celsius) dan 1 atm tekanan, dan jika selama reaksi itu terbentuk satu mol air, reaksi tersebut dinamakan "entalpi netralisasi standar" (ΔHno).

Panas (Q) yang dikeluarkan selama reaksi ini adalah:

m adalah massa larutan, cp adalah kapasitas kalor dan ∆T adalah perubahan suhu yang diamati selama reaksi. Dari sini perubahan entalpi standar (∆H) dapat diperoleh dari pembagian panas dengan jumlah zat yang terlibat (mol).

Jika asam kuat HA bereaksi dengan basa kuat BOH, reaksinya adalah

Asam dan basa sepenuhnya terdisosiasi dan tidak ada kation B+ maupun anion A yang terlibat dalam reaksi netralisasi. Perubahan entalpi untuk reaksi ini tercatat sebesar -57.62 kJ/mol pada suhu 25C.

Untuk asam atau basa lemah, panas netralisasi bergantung pada kadar pH. Apabila tidak ada asam mineral tambahan, diperlukan panas untuk menyelesaikan proses disosiasi. Jumlah panas yang dihasilkan selama netralisasi menjadi lebih kecil.

Misalnya pada suhu 25C

Panas reaksi ini sama dengan (–12 + 57.3) = 45.3 kJ/mol pada suhu 25 °C.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Enthalpy of Neutralization" (PDF). Community College of Rhode Island. Diakses tanggal 24 February 2014.