Empire of Passion

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Empire of Passion
Poster film
SutradaraNagisa Oshima
ProduserAnatole Dauman
Ditulis olehNagisa Oshima
Itoko Nakamura
PemeranKazuko Yoshiyuki
Tatsuya Fuji
Takahiro Tamura
Takuzo Kawatani
Akiko Koyama
Penata musikToru Takemitsu
SinematograferYoshio Miyajima
PenyuntingKeiichi Uraoka
Perusahaan
produksi
Oshima Nagisa Production
DistributorToho Towa
Tanggal rilis
  • 06 Oktober 1978 (1978-10-06) (Jepang)
Durasi104 menit
NegaraPrancis
Jepang
BahasaJepang

Empire of Passion (愛の亡霊, Ai no Bōrei) adalah sebuah film Prancis-Jepang 1978 yang disutradarai oleh Nagisa Ōshima.[1]

Alur[sunting | sunting sumber]

Alurnya mengisahkan tentang seorang pria muda yang memiliki sebuah hubungan dengan seorang wanita tua. Ia sangat cemburu dengan suaminya dan memutuskan untuk membunuhnya. Pada suatu malam, setelah suami tersebut minum dan berada di kasur, mereka menyerangnya dan membuang jenazahnya. Untuk menutup-nutupi peristiwa tersebut, ia menyatakan bahwa suaminya pergi ke Tokyo untuk bekerja. Selama tiga tahun, istri tersebut dan kekasihnya secara rahasia memandang satu sama lain. Pada akhirnya, kecurigaan terhadap peristiwa tersebut menjadi sangat kuat dan orang-orang mulai membicarakannya. Arwah suaminya mulai menggentayanginya dan pejabat hukum datang untuk menyelidiki suaminya yang hilang.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Film tersebut menjadi perwakilan Jepang pada Academy Awards ke-51 untuk Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik, tetapi tidak masuk nominasi.[2] Film tersebut masuk dalam Festival Film Cannes 1978, dimana Oshima memenangkan penghargaan untuk Sutradara Terbaik.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "L' Empire de la passion". BFI Film & Television Database. London: Institut Film Inggris. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-13. Diakses tanggal 27 Juni 2013. 
  2. ^ "List of Japanese films nominated for Academy Award for Best Foreign Language Film" (dalam bahasa Jepang). Motion Picture Producers Association of Japan. Diakses tanggal 2008-06-22. 
  3. ^ "Festival de Cannes: Empire of Passion". festival-cannes.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-27. Diakses tanggal 2009-05-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]