Empat Pilar Nepal Bhasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Nisthananda Bajracharya
Siddhidas Mahaju
Jagat Sundar Malla
Yogbir Singh Kansakar

Empat Pilar Nepal Bhasa (bahasa Nepali: नेपालभाषाका चार स्तम्भ, Newar: नेपाल भाषाया प्यंगः थां) adalah empat pemimpin yang menyebarkan kampanye untuk membangkitkan bahasa Newar dan sastranya pada masa penindasan oleh rezim Rana,[1] dan memandu pembaharuannya pada permulaan abad ke-20.[2]

Mereka menghasilkan sastra yang berresiko pada kebebasan pribadi dan meletakkan fondasi untuk pengembangan Nepal Bhasa modern. Karya-karya mereka menandai permulaan gerakan Nepal Bhasa di Kathmandu, yang berujung pada hak-hak yang lebih besar dalam pendidikan, media dan pengakuan resmi.

Empat tokoh yang dihargai sebagai empat pilar pembaharuan Nepal Bhasa adalah pengarang Nisthananda Bajracharya, penyair Siddhidas Mahaju, pengajar Jagat Sundar Malla dan penyair Yogbir Singh Kansakar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lienhard, Siegfried (1992). Songs of Nepal: An Anthology of Nevar Folksongs and Hymns. New Delhi: Motilal Banarsidas. ISBN 81-208-0963-7. Page 1.
  2. ^ Shrestha, Durga Lal (2000). Twists and turns: A pick of Durga Lal Shrestha's poems. Kathmandu: Mandala Book Point.  Page viii.