Embun (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Embun
SutradaraD. Djajakusuma
ProduserSurjosumanto
Ditulis olehD. Djajakusuma
Basuki Rosebowo
Gajus Siagian
Usmar Ismail
PemeranA.N. Alcaff
Rd Ismail
Titi Savitri
Aedy Moward
Iskandar Sucarno
Hamidy T. Djamil
Cassim Abbas
Rasmina
Muljono
Hardjo Muljo
D. Arifin
DistributorPerfini
Tanggal rilis
1951
Durasi120 menit
NegaraIndonesia

Embun adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1951 dengan disutradarai oleh D. Djajakusuma. Film ini dibintangi antara lain oleh A.N. Alcaff dan Rd Ismail.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sehabis masa revolusi, Leman (AN Alcaff) diajak Barjo (Rd Ismail) untuk mencari sumbangan dari para pengusaha. Ada yang memberi, ada yang menolak. Salah satu yang menolak ini menimbulkan pertengkaran hingga terbunuh oleh Leman. Leman pun lari ke Jakarta dan kembali ke desa setelah beberapa lama. Ternyata Barjo sudah menjadi orang kaya dan membuka perjudian, pelacuran bahkan mengawini kakak Leman.

Leman berusaha menghindari Barjo dan ingin menjadi petani biasa. Ia mendapat dukungan dari pacarnya, Ira (Titi Savitri). Barjo yang merasa tidak aman akan rahasianya, terus membujuk dan akhirnya memaksa Leman ikut kerjasama dalam usahanya dengan ancaman membuka rahasia pembunuhan pada masa lalunya. Leman menjadi sopir truk Barjo. Ternyata truk itu sarana transportasi penyelundupan senjata. Suatu saat Leman lari dari kejaran polisi yang mengejar Barjo. Duel terjadi di atas bukit tandus antara Leman dan Barjo. Barjo tewas sedangkan Leman selamat.[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Leman - A.N. Alcaff
  • Barjo - Rd Ismail
  • Ira - Titi Savitri

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Embun[pranala nonaktif permanen], diakses pada 23 Juni 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]