Ember tiram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah ember tiram yang dibuka berisi nasi putih, dengan sumpit

Ember tiram atau kotak makanan Tionghoa (Inggris: oyster pail) adalah sebuah tempat makan kertas karton yang dilipat, diberi lilin atau dilapisi plastik yang awalnya dirancang untuk menempatkan tiram. Saat ini, kemasan tersebut sering dipakai oleh restoran-restoran hidangan Tionghoa Amerika yang umum di seluruh belahan Amerika Serikat, untuk mengemas makanan bungkus hangat atau dingin. Kemasan tersebut juga terkadang ditemukan di negara-negara Barat lainnya, seperti Australia, Selandia Baru, Jerman dan Inggris, namun jarang ditemukan di Tiongkok dan negara-negara Asia lain dengan jumlah etnis Tionghoa yang tinggi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 2011, Smithsonian National Museum of American History menampilkan tempat makan beli bawa pulang Tionghoa ikonik dalam pameran Sweet & Sour: A Look at the History of Chinese Food in the United States.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sweet & Sour: A Look at the History of Chinese Food in the United States". Smithsonian Asian Pacific American Center. Smithsonian National Museum of American History. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2013. Diakses tanggal 20 March 2013.