Elkanah Settle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Elkanah Settle (1 Februari 1648 – 12 Februari 1724) adalah seorang penyair dan penulis drama Inggris.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Dunstable , dan masuk Trinity College, Oxford , pada tahun 1666, namun keluar tanpa mengambil gelar. Tragedi pertamanya, Cambyses, Raja Persia , diproduksi di Lincoln's Inn Fields pada tahun 1667. Keberhasilan drama ini membuat Earl of Rochester mendorong penulis baru tersebut sebagai saingan John Dryden . Melalui pengaruhnya, The Empress of Morocco (1673) karya Settle dipentaskan dua kali di Whitehall , dan terbukti sukses besar. Dikatakan oleh John Dennis sebagai "drama pertama yang pernah dijual di Inggris seharga dua shilling, dan drama pertama yang dicetak dengan potongan." Ilustrasi-ilustrasi ini mewakili adegan-adegan dalam teater, dan menjadikan buku ini sangat berharga.

A performance of the Empress of Morocco in 1678 at the Duke's Theatre

Drama tersebut dicetak dengan kata pengantar Earl of Norwich, di mana Settle menggambarkan dengan cibiran atas dedikasi berlebihan dari penyair dramatis lainnya. Dryden jelas-jelas menjadi sasarannya, dan dia bekerja sama dengan John Crowne dan Thomas Shadwell dalam sebuah pamflet kasar berjudul "Catatan dan Pengamatan tentang Permaisuri Maroko" (1674), yang dibalas Settle dalam "Beberapa Catatan dan Pengamatan tentang Permaisuri Maroko" Maroko direvisi" (1674). Di bagian kedua Absalom dan Achitophel , di bagian yang pasti dibuat oleh tangan Dryden, dia berperan sebagai " Doeg ."

Diabaikan oleh pihak pengadilan, ia mengambil bagian aktif dalam agitasi anti-Kepausan. Ketika hal ini mereda, dia membantu mengungkap Titus Oates , dan dengan Revolusi 1688, dia beralih ke partai Whig . Setelah kehilangan kepercayaan dari kedua belah pihak, "menyangkal kembali Settle" meninggalkan politik karena pengangkatan (1691) penyair kota.

Sejak tahun 1700, ia memprakarsai apa yang disebut sebagai "penipuan sukses" di mana ia sesekali menulis puisi , biasanya syair pujian atau syair pernikahan, mengikatnya dalam ikatan senjata yang sangat mencolok, yang akan ia kirimkan kepada orang kaya yang senjatanya ia gunakan. Nilai ekonomi dari praktik ini tidak jelas; ia mungkin telah menugaskannya, atau menawarkannya untuk dijual, atau (sedikit berbeda) menawarkan untuk memberikannya sebagai imbalan atas perlindungan sastra dalam bentuk uang tunai atau bentuk lainnya. Jika buku itu dikembalikan, dia akan mencoba pelindung lain dengan senjata baru, mengubah referensi pribadi sesuai kebutuhan; ketika pokok bahasannya dibagikan (seperti dalam sebuah pernikahan), sebagian besar syairnya dapat didaur ulang dari satu puisi ke puisi lainnya, dan sarjana FC Brown telah memperhatikan bahwa sebanyak dua pertiga baris dalam puisi pernikahan Settle adalah "umum untuk semua." Buku-buku tersebut dijilid untuk Settle oleh penjilid yang tidak diketahui, yang karyanya luar biasa karena menjadi "satu-satunya contoh di mana penjilid tertentu secara konsisten menghiasi serangkaian besar penjilidan dengan desain heraldik" di luar penjilid Kerajaan[1].  Pengikatannya cukup berbeda untuk dikenal sebagai pengikatan Settle . Lebih dari 100 contoh bertahan, antara tahun 1700 dan 1723[2].  Di usia tuanya ia memiliki stan di Pameran Bartholomew , di mana ia dikatakan memainkan peran naga dalam setelan kulit hijau yang dirancang sendiri. Dia menjadi saudara miskin di Charterhouse , di mana dia meninggal.

Settle adalah salah satu orang bodoh dalam The Dunciad karya Alexander Pope , yang menyerahkan otoritasnya kepada Lewis Theobald dan pada edisi 1742 Colley Cibber . Settle muncul dalam kehidupan Dr Johnson karya Boswell , ketika John Wilkes menganggap ketidakjelasan penyair itu berasal dari namanya yang 'aneh'[3].

Karya terpilih[sunting | sunting sumber]

Berbagai karya Settle termasuk, di samping banyak pamflet politik dan puisi sesekali :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frank Clyde Brown (1910). Elkanah Settle: His Life and Works (dalam bahasa English). Harvard University. The University of Chicago Press. 
  2. ^ Ferguson, Stephen (2011-08-30). "Settle bindings reconsidered". Rare Book Collections @ Princeton (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-17. 
  3. ^ "A Point of View: The curse of a ridiculous name". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2012-07-05. Diakses tanggal 2024-03-17.