El Paquete Semanal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


El Paquete Semanal ("Paket Mingguan") atau El Paquete adalah sebuah koleksi material digital berukuran satu terabita yang didistribusikan sejak sekitar 2008[1] di pasar gelap di Kuba sebagai pengganti akses Internet.[2]

Konten yang paling popular adalah seri TV, sinetron, musik dan iklan-iklan baris ilegal[klarifikasi diperlukan] tetapi, selain dari itu, juga terdapat film-film, klip video, website-website berita berbahasa Spanyol dan teknologi komputer, video-video instruksional dan iklan-iklan untuk bisnis lokal Kuba. Kebanyakan pembeli hanya meminta bagian-bagian tertentu dari paketnya yang dapat didapatkan sedikitnya seharga US$1.[2][3]

Pada Mei 2016 masih belum diketahui siapa yang mengumpulkan materialnya atau dari mana paket ini didapatkan.[2][4] Ada teori bahwa tidakadanya material yang bertemakan pornografi dan konten-konten yang anti-pemerintah di paket ini menandakan bahwa pemerintah Kuba terlibat di dalam produksinya.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rodríguez, Alejandro (10 de septiembre de 2015). «Voces desde Cuba: El millonario negocio del peculiar “internet” cubano sin conexión a la red». Londres: BBC. Consultado el 1° de octubre de 2015.
  2. ^ a b c Fernandes, Sujatha; Halkin, Alexandra (20 December 2014). "Do Cubans Really Want U.S.-Style Internet Freedom?". NACLA Report on the Americas. Diakses tanggal 5 January 2015. 
  3. ^ San Pedro, Emilio (10 August 2015). "Banned Cuban internet delivered weekly by hand". BBC News. Diakses tanggal 10 August 2015. 
  4. ^ "Palmira Koukkari Mgenga om unga kubaner i en tid av förändring", Radiokorrespondenterna, Sveriges radio, 22 May 2016.
  5. ^ Young, Nora; Fernandes, Sujatha (25 January 2015). "Cuba's underground alternative to the internet". CBC Radio. Diakses tanggal 25 January 2015. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "nacla" yang didefinisikan di kelompok <references> "" tidak memiliki konten.