Eksplorasi ruang desain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eksplorasi ruang desain (Inggris: Design Space Exploration) (DSE) adalah proses untuk menemukan dan mengevaluasi alternatif desain ketika mengembangkan suatu sistem[1]. Proses dilakukan dengan melibatkan pencarian berbagai alternatif desain untuk menemukan kombinasi terbaik[2]. Saat ini, pengembangan sistem semakin kompleks dengan berbagai kepentingan seperti kinerja, konsumsi daya dan biaya. Peran DSE adalah memastikan bahwa sistem yang dihasilkan tidak hanya memenuhi kebutuhan tetapi juga mempertimbangkan tujuan yang bertentangan.

Sistem yang kompleks dapat memiliki jutaan, bahkan miliaran opsi desain, bahkan ada kasus di mana ruang desain tak terbatas. Metode DSE yang dilakukan secara manual rentan terhadap kesalahan. Untuk meningkatkan kinerja DSE, beberapa elemen perlu diperhatikan[1]. Pertama, representasi yang tepat dari ruang desain harus dilakukan secara formal untuk otomatisasi analisis dan eksplorasi. Sistem yang dikembangkan harus mematuhi batasan desain, termasuk operasi aritmatika, ekspresi boolean, dan batasan tipe data. Kedua, dalam menganalisis solusi, digunakan bantuan mesin untuk mengidentifikasi kandidat potensial dan memastikan validitasnya terhadap kendala desain. Bantuan mesin mampu menangani masalah kompleks secara efisien. Ketiga, metode eksplorasi digunakan untuk menemukan desain yang menarik, meskipun prosedur optimasi membantu menyaring desain yang kurang optimal.

Penggunaan DSE memiliki sisi positif dan negatif. DSE dapat membantu pengguna menemukan solusi optimal dalam sistem tertanam, serta memahami kompromi antara berbagai kriteria desain dan menavigasi kompleksitas ruang desain[2]. Namun, DSE memiliki keterbatasan, seperti ruang desain yang luas dan waktu eksplorasi yang lama[3]. Meskipun demikian, keterbatasan ini dapat diatasi dengan memastikan representasi data yang jelas dan menggunakan analisis mesin.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kang, Eunsuk; Jackson, Ethan; Schulte, Wolfram (2011). FOCS'10 Proceedings of the 16th Monterey conference on Foundations of computer software: modeling, development, and verification of adaptive systems. Berlin: Springer. ISBN 978-3-642-21291-8. 
  2. ^ a b Pimentel, Andy D. (2017-02). "Exploring Exploration: A Tutorial Introduction to Embedded Systems Design Space Exploration". IEEE Design & Test. 34 (1): 77–90. doi:10.1109/MDAT.2016.2626445. ISSN 2168-2356. 
  3. ^ de Vos, P; de Van der Schueren; Los, S; Visser, K (2022-10-26). "Effective Naval Power Plant Design Space Exploration". dx.doi.org. Diakses tanggal 2024-02-23.