Eksploitasi sumber daya alam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eksploitasi sumber daya alam ialah proses penggunaan dan pemanfaatan sumber daya alam seperti air, tanah, mineral, hutan, dan energi secara intensif untuk kepentingan manusia. Proses ini seringkali melibatkan eksploitasi yang berlebihan dan tidak berkelanjutan, dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan merugikan generasi masa depan.[1]

Tentang[sunting | sunting sumber]

Eksploitasi sumber daya alam mulai terjadi dalam skala industri pada abad ke-19 ketika ekstraksi dan pengolahan bahan mentah, seperti dalam pertambangan, tenaga uap, dan mesin, berkembang jauh lebih pesat daripada sebelumnya sebelum revolusi industri. Selama abad ke-20, konsumsi energi meningkat dengan cepat.[2] Saat ini, sekitar 80% dari konsumsi energi dunia didukung oleh ekstraksi bahan bakar fosil, termasuk minyak, batu bara, dan gas alam.[3]

Sumber daya lain yang tidak dapat diperbaharui yang dieksploitasi oleh manusia adalah mineral lapisan bawah tanah seperti logam berharga yang utamanya digunakan dalam produksi komoditas industri. Pertanian intensif merupakan contoh mode produksi yang menghambat banyak aspek lingkungan alam, misalnya degradasi hutan dalam ekosistem terestrial dan polusi air dalam ekosistem akuatik.[4] Seiring dengan meningkatnya populasi dunia dan terjadi pertumbuhan ekonomi, penipisan sumber daya alam yang dipengaruhi oleh ekstraksi bahan mentah yang tidak berkelanjutan menjadi kekhawatiran yang semakin meningkat.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ LindungiHutan, Editor (2022-03-06). "Pengertian Eksploitasi, Jenis dan Dampak Eksploitasi Hutan". lindungihutan.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-17. 
  2. ^ LindungiHutan, Editor (2022-03-06). "Pengertian Eksploitasi, Jenis dan Dampak Eksploitasi Hutan". lindungihutan.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-17. 
  3. ^ LindungiHutan, Editor (2022-03-06). "Pengertian Eksploitasi, Jenis dan Dampak Eksploitasi Hutan". lindungihutan.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-17. 
  4. ^ "Eksploitasi Sumber Daya Alam Tanah Air oleh Negara Asing, Apakah ini yang Disebut dengan Merdeka?". Earth Hour Surabaya. 2016-08-17. Diakses tanggal 2024-02-17. 
  5. ^ "Eksploitasi Sumber Daya Alam Tanah Air oleh Negara Asing, Apakah ini yang Disebut dengan Merdeka?". Earth Hour Surabaya. 2016-08-17. Diakses tanggal 2024-02-17.