Eilean Donan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 57°16′26″LU 5°30′58″BB / 57,274°LU 5,5161°BB / 57.2740; -5.5161 Eilean Donan ( Gaelik Skotlandia:Eilean Donnáin) adalah pulau kecil di Loch Duich yang terletak di sebelah barat Tanah Tinggi Skotlandia. Pulau ini dihubungkan dengan pulau Britania melalui sebuah jembatan batu yang menuju ke istana dan istana tersebut memenuhi sebagian besar pulau itu.

Nama[sunting | sunting sumber]

Eilean Donan juga dikenal sebagai Ellandonan dalam bahasa Inggris dan Eilean Donan, Eilean Donnáin, Eilean Dhonnain atau Ellendonan dalam bahasa Gaelik Skotlandia. Istana ini kemudian disebut sebagai Eilean Donan Castle dan Donnanor Ellandonan Castle dalam bahasa Inggris sedangkan dalam bahasa Skotlandia disebut Caisteal Eilean Donan dan Caisteal Eilean Donnáin. Nama-nama ini semua berarti "Pulau Donan" dan "Istana di pulau Donan" dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemandangan istana pada saat matahari terbit.

Istana telah dibangun pada abad ke-13 sebagai pertahanan dari serangan orang Viking.[1] Pada masa ini juga, istana ini telah dijadikan sebagai benteng kuat untuk kelompok Mackenzie (kemudian Earl Seaforth). Pada tahun 1511, Macraes, pelindung kelompok Mackenzie, telah menjadi konstabel keturunan untuk Istana.

Pada tahun 1539 pula, Dubh Matheson, kepala suku Mackenzie meninggal dunia saat mempertahankan istana di Eilean Donan dari suku Macdonald atas nama suku MacRae dan Mackenzie.

Pada April tahun 1719, istana ini telah dihuni oleh pihak militer Spanyol untuk memulai satu lagi Pemberontakan Jacobite. Kemudian, istana lama ini dimanfaatkan kembali dan dirobohkan oleh tiga kapal frigat Angkatan Laut Diraja pada 10 sampai 13 Mei 1719. Sebulan kemudian, tentara Spanyol telah dikalahkan dalam Pertempuran Glan Shiel.

Istana ini telah dibangun pada tahun 1919 sampai 1932 oleh Letnan Kolonel John MacRae-Gilstrap. Pemulihan yang dilakukan adalah pembangunan jembatan bengkok untuk memberikan akses yang lebih mudah untuk ke istana. Pada tahun 1983, Amanah Kebajikan Conchra telah didirikan oleh keluarga MacRae untuk menjaga istana.

Satu perbedaan pelik di istana ini adalah ada salah satu tangga berbentuk lingkaran untuk tangan kiri seperti yang ada di sebuah istana di Inggris karena waktu itu beberapa raja yang memerintah menggunakan tangan kiri untuk memegang pedangnya. Perbedaan lain yang masih ada sampai ke hari ini adalah lapangan meriam dari Perang Dunia I diletakkan di luar bangunan bersama tugu peringatan perang dan mata air yang khusus untuk orang suku MacRae yang tewas dalam perang.

Eilean Donan adalah rumah bagi suku MacRae. Pada tahun 2001, pulau ini memiliki populasi hanya satu orang.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah". eileandonancastle.com. Diakses 14 July 2009. [pranala nonaktif]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Miket and Roberts, The Mediaeval Castles of Skye and Lochalsh (Edisi ke-2, Birlinn Ltd, 2007)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]