Edwin Chadwick

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Edwin chadwick)

Sir Edwin Chadwick KCB (lahir pada 24 Januari 1800 di Longsight, Lancashire, Inggris - meninggal 6 Juli 1890) adalah seorang pembaharu sosial yang mereformasi Hukum Misikin di Inggris. Ia merupakan murid dari filsuf Utilitarian Jeremy Bentham yang aktif antara tahun 1832 dan 1854. Dengan kepemimpinannya, ia melembagakan reformasi dalam sanitasi perkotaan dan kesehatan masyarakat.

Sir Edwin Chadwick

Pada tahun 1832, ia bekerja sebagai Komisaris Kerajaan untuk menyelidiki Hukum Miskin. Kemudian pada tahun 1833, ia diangkat mejadi anggota penuh komisi tersebut. Chadwick dan Nassau William Senior menyusun laporan terkenal tahun 1834 yang merekomendasikan reformasi undang-undang lama. Menurut sistem tahun 1834, paroki dibentuk menjadi Serikat Hukum Miskin, dan setiap Serikat Hukum Miskin harus memiliki rumah kerja serikat pekerja.

Tahun 1838, Chadwick meyakinkan Dewan Hukum Miskin untuk menyelidiki wabah tifus. Dalam sejarah Inggris, ini pertama kalinya dokter dipekerjakan untuk melihat kondisi terhadap buruknya kesehatan masyarakat, sehingga laporan tentang Kondisi Sanitasi Populasi Pekerja di Inggris Raya dimulai pada tahun 1839 dan terbitkan tahun 1842 dengan teliti dan atas biaya sendiri.

Laporan Chadwick membuahkan hasil, yaitu Undang-Undang Kesehatan Masyarakat tahun 1848, yang mempunyai tujuan mewajibkan setiap kota untuk memasok air ke setiap rumah dengan bekerja sama dengan perusahaan air dan untuk melakukan drainase, saluran pembuangan dan pembuangan limbah dengan membentuk Dewan Umum Kesehatan yang beranggotakan Lord Morpeth, Lord Shaftesbury , dan Chadwick.

Pada Januari 1884, ia diangkat sebagai presiden pertama Asosiasi Inspektur Sanitasi Publik, yang sekarang berubah menjadi Chartered Institute of Environmental Health. Ia juga dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1889.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Koleksi khusus UCL. "Hasil Pencarian". (Dalam Bahasa Inggris) Diakses 23 Maret 2024.
  2. "Chadwick" at Dictionary of Contemporary Biography, 1861 p.92. (Dalam Bahasa Inggris) Diakses 23 Maret 2024.