Edward Cowart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Edward Cowart
LahirEdward Douglas Cowart
(1925-02-17)17 Februari 1925
Kota Plant, Florida, AS[1]
Meninggal3 Agustus 1987(1987-08-03) (umur 62)
Miami, Florida, AS
PendidikanUniversitas Miami (BA)
Universitas Stetson Perguruan Tinggi Hukum (JD)
Dikenal atasHakim ketua persidangan pembunuh berantai Ted Bundy

Edward Douglas Cowart (17 Februari 1925 – 3 Agustus 1987) adalah seorang hakim Amerika Serikat yang menjabat sebagai Hakim Pengadilan Wilayah County Dade.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Edward Douglas Cowart[2] lahir di Kota Plant, Florida.[3] Dia menjabat sebagai petugas polisi Miami sebelum memasuki peradilan. Cowart menerima gelar Bachelor of Arts di Universitas Miami pada tahun 1950 dan gelar Juris Doctor dari Fakultas Hukum Universitas Stetson pada tahun 1952.[4] Dia duduk di bangku cadangan selama 14 tahun, di mana dia dikenal sering mengutip Alkitab di ruang sidang.

Pembunuh berantai Bundy[sunting | sunting sumber]

Cowart paling dikenal sebagai hakim ketua persidangan pembunuh berantai Ted Bundy, seorang mahasiswa hukum yang pernah ditangkap karena serangkaian pembunuhan setidaknya dari tahun 1974 hingga 1978 dan mewakili dirinya sendiri di pengadilan. Cowart menjatuhkan hukuman mati, dan dikenang karena ucapan simpatiknya pasca-hukuman kepada Bundy:[5][6]

Pengadilan memutuskan bahwa kedua pembunuhan tersebut memang keji, mengerikan dan kejam. Dan bahwa mereka sangatlah jahat, durjana, keji dan merupakan perbuatan yang dirancang untuk menimbulkan rasa sakit yang sangat besar dan ketidakpedulian terhadap kehidupan manusia. Pengadilan ini, independen, namun sesuai dengan hukuman penasehat yang dijatuhkan oleh juri, dengan ini menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa Theodore Robert Bundy.

Selanjutnya diperintahkan bahwa pada tanggal yang dijadwalkan tersebut Anda akan dihukum mati dengan aliran listrik yang cukup untuk menyebabkan kematian Anda segera, dan arus listrik tersebut akan terus mengalir melalui tubuh Anda sampai Anda mati.

Jaga diri Anda baik-baik, anak muda. Saya mengatakan itu kepada Anda dengan tulus; jaga diri Anda. Saya rasa, sungguh sebuah tragedi bagi pengadilan ini untuk melihat begitu banyaknya terbuang rasa kemanusiaan, seperti yang saya alami di ruang sidang ini.

Anda seorang pemuda yang cerdas. Anda akan menjadi pengacara yang baik dan saya ingin sekali Anda berlatih di depan saya, tetapi Anda memilih cara lain, rekan. Saya tidak merasakan permusuhan apa pun terhadap Anda. Saya ingin Anda mengetahuinya. Sekali lagi, jaga diri Anda.

— Hakim Edward Cowart[5]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Cowart meninggal karena serangan jantung pada usia 62 tahun.[6] Bundy dieksekusi dua tahun kemudian pada tahun 1989 setelah gagal dalam berbagai upaya banding ke Cowart dan Pengadilan Banding, berusaha untuk membatalkan hukumannya atau diberikan persidangan baru.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 1930 United States Federal Census
  2. ^ U.S., Social Security Applications and Claims Index, 1936–2007
  3. ^ 1930 United States Federal Census
  4. ^ "1989 Selig Goldin Honoree – Honorable Edward D. Cowart". The Florida Bar Criminal Law Section. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-20. 
  5. ^ a b Lundin, Leigh (August 22, 2010). "Last Words | Florida Fold'em". criminalbrief.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-08-24. 
  6. ^ a b "Edward D. Cowart, 62, Judge In Florida Trial of Ted Bundy". The New York Times. Associated Press. August 4, 1987. Diarsipkan dari versi asliPerlu langganan berbayar tanggal 2015-05-24. Diakses tanggal January 31, 2010.