Edison, the Man

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Edison, the Man
SutradaraClarence Brown
ProduserJohn W. Considine Jr.
Ditulis olehTalbot Jennings
Bradbury Foote
Dore Schary
Hugo Butler
PemeranSpencer Tracy
Rita Johnson
Penata musikHerbert Stothart
SinematograferHarold Rosson
PenyuntingFredrick Y. Smith
DistributorMetro-Goldwyn-Mayer
Tanggal rilis
  • 10 Mei 1940 (1940-05-10)
Durasi107 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$893.000[1]
Pendapatan
kotor
$1.787.000[1]

Edison, the Man adalah sebuah film biografi tahun 1940 yang mengisahkan kehidupan penemu Thomas Edison, yang diperankan oleh Spencer Tracy. Hugo Butler dan Dore Schary dinominasikan untuk Academy Award untuk Penulisan Terbaik, Cerita Asli untuk karya mereka dalam film tersebut. Namun, sebagian besar naskah film tersebut memfiksionalisasikan atau melebih-lebihkan kisah nyata dari kehidupan Edison.[2]

Edison, the Man adalah film kedua dari biopik Edison yang saling melengkapi, dirilis oleh Metro-Goldwyn-Mayer pada tahun 1940. Tom Edison muda, yang dibintangi Mickey Rooney, dirilis dua bulan sebelumnya dan menceritakan kisah masa muda Edison.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1869, karena ingin menjadi lebih dari sekadar operator telegraf gelandangan, Edison melakukan perjalanan ke New York atas dorongan seorang teman lama, Bunt Cavatt. Dia bekerja untuk paman Bunt, Ben Els. Dia mencoba membujuk pemodal Mr. Taggart untuk mendanai pengembangan penemuannya, namun Taggart tidak tertarik untuk mendanai “pekerja listrik ramah lingkungan”. Namun, Jenderal Powell, presiden Western Union, bersedia mendanainya.

Edison akhirnya menjual penemuannya berupa mesin ticker tape yang lebih baik kepada Taggart dan Powell seharga $40.000, sehingga memungkinkan dia untuk menikah dan membuka laboratoriumnya sendiri di Menlo Park. Dalam beberapa tahun berikutnya, dia menciptakan fonograf dengan bantuan staf setianya.

Terdapat masalah baru, ketika Bunt membual kepada wartawan bahwa Edison telah menyempurnakan lampu listrik. Karena dia belum melakukannya, dia dikutuk oleh komunitas sains (didorong oleh Taggart, yang stok gasnya terancam oleh pengumuman tersebut). Edison “meninggalkan ilmu pengetahuan”, dan melalui upaya trial-and-error yang sangat banyak, akhirnya berhasil menemukan lampu listrik yang praktis. Rencana selanjutnya untuk menerangi Kota New York kembali dihalangi oleh Taggart, ia hanya memberi waktu sekitar 6 bulan kepada Edison untuk menyelesaikan seluruh tugasnya. Meski demikian, Edison menyelesaikan pekerjaannya tepat pada waktunya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b The Eddie Mannix Ledger, Los Angeles: Margaret Herrick Library, Center for Motion Picture Study .
  2. ^ Edison, the Man - Classic Film Guide
  3. ^ [1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Thomas Edison