Duplex

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cara kerja transmisi Simplex, full duplex, dan Half duplex

Duplex atau Dupleks adalah sebuah istilah telekomunikasi yang merujuk kepada komunikasi dua arah.

Metode Duplex[sunting | sunting sumber]

metode "duplexing", yaitu:

  • Full-duplex
  • Half-duplex

Full-duplex[sunting | sunting sumber]

Dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi.

Komunikasi full-duplex juga dapat diraih dengan menggunakan teknik multiplexing, di mana sinyal berjalan dengan arah berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) berbeda pula. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya.

Half-duplex[sunting | sunting sumber]

Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tetapi tidak dapat secara bersama-sama. Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie, di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar.

Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu, hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar. Jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi "collision" (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna Walkie-talkie tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan melalui walkie-talkie tersebut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]