Dua Belas Variasi Lagu "Ah vous dirai-je, Maman"

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dua Belas Variasi pada "Ah vous dirai-je, Maman", K.   265 / 300e, terdiri dari dua belas variasi lagu rakyat Perancis yang berjudul " Ah! Vous dirai-je, maman" yang pertama kali muncul pada tahun 1761. Melodi ini telah banyak dipakai untuk lagu anak-anak seperti "Twinkle, Twinkle, Little Star", "Baa, Baa, Black Sheep" dan "Alphabet Song".[1] Dua belas variasi ini adalah komposisi piano yang dibuat oleh Wolfgang Amadeus Mozart ketika ia berusia sekitar 25 tahun (1781 atau 1782).

Musik[sunting | sunting sumber]

Karya musik ini terdiri dari 13 bagian yang disusun untuk piano solo. Bagian pertama adalah tema kemudian disusul dengan variasi I hingga XII. Walaupun begitu, hanya variasi XI dan XII yang memiliki indikasi tempo yaitu:

  • Variasi XI memiliki indikasi tempo Adagio.
  • Variasi XII memiliki indikasi tempo Allegro.

Tanggal komposisi[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, variasi-variasi ini diperkirakan dikerjakan pada tahun 1778, dimana pada tahun tersebut Mozart tinggal di Paris mulai dari bulan April hingga September. Asumsi ini berkembang bahwa melodi lagu Perancis hanya dapat didengar oleh Mozart ketika ia sedang berada di Paris.

Di dalam katalog kronologis komposisi Mozart, komposisi ini pernah dinomori ulang dari K. 265 menjadi K. 300 dengan mempertimbangkan tanggal komposisi yang dianalisis oleh Wolfgang Plath.[2]

Wina menjadi tempat pertama kali variasi ini diterbitkan pada tahun 1785.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hinson, Maurice (2001). The Pianist's Guide to Transcriptions, Arrangements, and Paraphrases. Bloomington, Indiana: Indiana University Press. hlm. 131. ISBN 978-0253214560. Diakses tanggal 1 August 2014. 
  2. ^ Based on booklet notes by Robin Golding, 1991 for Daniel Barenboim's Mozart: The Complete Piano Sonatas and Variations, EMI Classics 8 CD box No. 5 73915 2

Pranala luar[sunting | sunting sumber]