Dong-A Broadcasting System

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dong-A Broadcasting System (DBS)
Hangul
동아방송
Hanja
東亞放送
Alih AksaraDong-A Bangsong
McCune–ReischauerTong-A Pangsong

Dong-A Broadcasting System (DBS) adalah stasiun radio gelombang AM di Korea Selatan dari tahun 1963 hingga 1980. Setelah 18 tahun mengudara, DBS ditutup pada 30 November 1980 dan diserap ke dalam Korean Broadcasting System (KBS). Gelombang yang dimiliki DBS dialihkan ke KBS, dan dikelola KBS sebagai KBS Radio 4 (Radio Seoul) mulai tahun 1991.

Dong-A Broadcasting System didirikan sebagai radio swasta kedua yang mengudara di Seoul setelah radio MBC (Munhwa Broadcasting Corporation). Radio DBS mulai mengudara pada 25 April 1963. Pemilik modal DBS adalah surat kabar nasional The Dong-A Ilbo (grup Lucky Goldstar) . Siaran dilakukan dari gedung Dong-A Ilbo di Jongno-gu, pusat kota Seoul. DBS (tanda panggilan: HLKJ) berada di gelombang AM 1230 kHz dengan pemancar berkekuatan 10 kW. Siarannya biasa ditangkap di kawasan Seoul dan sekitarnya. Pada waktu itu, gelombang yang sama juga dipakai oleh radio Nagasaki Broadcasting Company dari Jepang, sehingga siaran sering terganggu. Sejak 4 Desember 1966, DBS pindah ke gelombang AM 790 kHz, dan kemudian ke 792 kHz. DBS penah mengajukan permohonan izin untuk mendirikan stasiun relai dan stasiun radio FM di Busan serta Gwangju, tetapi permohanan tersebut ditolak. Liputan siaran radio DBS menjadi lebih luas sejak 25 April 1968 setelah DBS menambah kekuatan pemancar menjadi 50 kW.

Pada tahun 1980, sesuai kebijakan pembatasan pers oleh Presiden Chun Doo-hwan, radio DBS ditutup untuk merger dengan KBS. Setelah dihapusnya pembatasan penyiaran swasta, gelombang yang dulunya milik DBS digunakan oleh Radio Seoul (sekarang bernama Seoul Broadcasting System) mulai bulan Maret 1991.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]