Dobroniega dari Polandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Dobroniega dari Polandia (bahasa Polandia: Dobroniega Bolesławówna, bahasa Jerman: Dobroniega (Luitgard) von Polen; lahir sekitar tahun 1129 - wafat tahun 1160), merupakan seorang puteri Polandia yang berasal dari Dinasti Piast dan lewat pernikahan menjadi Margravine di Lusatia.

Ia merupakan putri Bolesław III yang Bermulut Masam, Raja Polandia, dan istri keduanya Salomea, putri Henry, Pangeran Berg.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Di sekitar tahun 1142, Dobroniega menikah dengan Dietrich, putra kedua Conrad, Margrave Meissen dan Lusatia.[1][2][3] Setelah menikah, ia mengganti namanya menjadi Ludgarda.

Ia memiliki 2 orang anak: seorang putra, Conrad, dan seorang putri, Gertruda.[4] Ketika Margrave Conrad wafat pada tahun 1157, ia membagi domeinnya di antara putra-putranya; Dietrich menjadi Margrave dari Lusatia (Orientalis marchio) dan Dobroniega menjadi Margravine.

Kematian dan akibat[sunting | sunting sumber]

Tanggal kematian Dobroniega tidak diketahui, namun diketahui bahwa ia terakhir kali disebutkan sebagai orang yang masih hidup pada tanggal 26 Oktober 1147, dipastikan ia masih hidup pada tahun 1157 ketika suaminya mendapatkan tahta di Lusatia; beberapa sumber menandai tahun kematiaannya adalah pada tahun 1160.[5] Putranya Conrad tewas terbunuh di dalam sebuah turnamen pada tanggal 17 Februari 1175 dan putrinya Gertruda menjadi seorang biarawati di Gerbstedt.

Tanpa keturunan laki-laki yang sah, ketika Margrave Dietrich I wafat pada tahun 1185 ia digantikan oleh adiknya Dedi V.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Genealogica Wettinensis, MGH SS XXIII, p. 229.
  2. ^ Chronicon Montis Serreni 1184, MGH SS XXIII, p. 159.
  3. ^ K. Jasiński: Rodowód pierwszych Piastów, pp. 251-253.
  4. ^ Complete Genealogy of the House of Wettin
  5. ^ Chronological Dates in Stoyan