Distribusi binomial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fungsi massa probabilitas distribusi binomial
Fungsi distribusi kumulatif
Fungsi distribusi kumulatif distribusi binomial
NotasiB(n, p)
ParameternN0 — jumlah percobaan
p ∈ [0,1] — probabilitas berhasil pada setiap percobaan
Dukungank ∈ {0, …, n}
Unknown type
CDF
Meannp
Mediannp atau np
Modus⌊(n + 1)p atau ⌊(n + 1)p⌋ − 1
Unknown typenp(1 − p)
Skewness
Ex. kurtosis
Entropi
MGF
CF
PGF

Dalam teori probabilitas dan statistika, distribusi binomial adalah distribusi probabilitas diskret jumlah keberhasilan dalam n percobaan ya/tidak (dalam artian, berhasil/gagal) yang saling bebas, dimana setiap hasil percobaan memiliki probabilitas p. Eksperimen berhasil/gagal juga disebut percobaan bernoulli. Ketika n = 1, distribusi binomial adalah distribusi bernoulli. Distribusi binomial merupakan dasar dari uji binomial dalam uji signifikansi statistik.

Distribusi ini sering kali digunakan untuk memodelkan jumlah keberhasilan pada jumlah sampel n dari jumlah populasi N. Apabila sampel tidak saling bebas (yakni pengambilan sampel tanpa pengembalian), distribusi yang dihasilkan adalah distribusi hipergeometrik, bukan binomial. Semakin besar N daripada n, distribusi binomial merupakan pendekatan yang baik dan banyak digunakan.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Sebagai contoh, sebuah dadu dilempar sepuluh kali dan dihitung berapa jumlah muncul angka empat. Distribusi jumlah acak ini adalah distribusi binomial dengan n = 10 dan p = 1/6.

Contoh lain, sebuah uang logam dilambungkan tiga kali dan dihitung berapa jumlah muncul sisi depan. Distribusi jumlah acak ini merupakan distribusi binomial dengan n = 3 dan p = 1/2.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]