Dinasti Nerva-Antoninus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kekaisaran Romawi pada 125.

Dinasti Nerva–Antoninus adalah sebuah dinasti dari tujuh Kaisar Romawi yang memerintah Kekaisaran Romawi dari 96 SM sampai 192 M. Kaisar-kaisar tersebut adalah Nerva, Trajan, Hadrian, Antoninus Pius, Lucius Verus, Marcus Aurelius, dan Commodus.

Lima dari enam suksesi pertama dikenal karena mengadopsi kandidat pilihannya menjadi penerusnya. Di bawah hukum Romawi, sebuah adopsi mendirikan sebuah penopang sah sekuat kekerabatan. Karena itu, seluruh kaisar Nerva-Antonine selain yang pertama dan terakhir disebut Kaisar Adoptif.

Pengaruh adopsi resmi dalam masyarakat Romawi seringkali dianggap[1] mempengaruhi prinsip warisan dinasti dan dianggap sebagai salah satu faktor kekayaan pada masa tersebut.[2] Namun, hal ini bukanlah praktek baru. Praktek tersebut merupakan hal umum bagi keluarga patrisian untuk mengadopsi, dan kaisar-kaisar Romawi telah mengadopsi para pewarisnya pada jaman dahulu: Kaisar Augustus mengadopsi Tiberius dan Kaisar Klaudius mengadopsi Nero.

Dengan terbunuhnya Commodus pada 192, dinasti Nerva-Antoninus berakhir dan disusul dengan masa ketegangan yang dikenal sebagai Tahun Lima Kaisar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ E.g. by Machiavelli and Gibbon
  2. ^ "Adoptive Succession". Diakses tanggal 2007-09-18.