Lompat ke isi

Dinasti Dabuyid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dinasti Dabuyid, atau Dinasti Gaubariyah, adalah dinasti Zoroastrian[1] Iran yang dimulai pada paruh pertama abad ke-7 sebagai kelompok penguasa independen yang menguasai Tabaristan dan sebagian Khorasan barat.[2] Pemerintahan Dabuyiah atas Tabaristan dan Khorasan berlangsung dari sekitar tahun 642 hingga penaklukan Abbasiyah pada tahun 760.

Peta yang memperlihatkan DInasti Dabuyid

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah awal Dabuyid dicatat oleh Ibnu Isfandiyar, seorang sejarawan kemudian. Menurut tradisi, Dabuya adalah keturunan langsung Jamasp, yang merupakan putra Raja Sasaniyah dari Raja Peroz I dan adik dari Kavadh I, menjadikan mereka cabang kadet Keluarga Sassan. Piruz, cucu Jamasp, menyerbu Gilan dan memperluas kekuasaan keluarga dengan mencaplok Tabaristan. Gil, kerabat Piruz dan dikenal sebagai Gavbara (berarti "pemuja Sapi"), memainkan peran penting dalam hal ini. Hasilnya, putra Gil, Dabuya atau Daboe, secara resmi diberi gelar Gil e Gilan ("Penguasa Gilan") dan Padashwargarshah ("Raja Patashwargar", nama lama pegunungan di Tabaristan) oleh raja terakhir raja Kekaisaran Sasaniyah, Yazdegerd III.

Setelah penaklukan Muslim di Persia, cabang kadet Sassania dan para bangsawan Keluarga Ispahbudan dan Karin menandatangani perjanjian damai dengan tentara Arab. Perjanjian-perjanjian ini menetapkan bahwa orang-orang Arab tidak boleh mendekati wilayah-wilayah ini tanpa izin sebelumnya. Akibatnya, Gavbara tetap menguasai wilayah Gilan dan setidaknya sebagian Tabaristan, sementara Farrokhzad dari Keluarga Ispahbudan menguasai Rey dan sebagian Khorasan.[3] Setelah sekitar 15 tahun, Ibnu Isfandiyar mencatat bahwa Gavbara meninggal dan putranya Dabuya naik takhta, sehingga menamai dinasti tersebut. Setelah bertahun-tahun konflik dinasti antara Keluarga Karin dan Ispahbudan di timur laut Iran, putra Dabuya, Farrukhan Agung, berhasil menguasai Tabaristan dan maju ke perbatasan Nishapur. Selain gelar yang dianugerahkan kepada mereka oleh Yazdegerd III, para penguasa dinasti Dabuya juga menyandang gelar militer Iran kuno ispahbadh sebagai gelar pemerintahan mereka.

Farrukhan Agung mengalahkan invasi besar Muslim yang dipimpin oleh Yazid bin al-Muhallab pada tahun 716–717.[4] Ilmu pengetahuan baru menempatkannya pada kekuasaan pada tahun 670an, bukan pada awal tahun 710an seperti yang diperkirakan sebelumnya. Farrokhan meninggal pada tahun 728, dan putranya, Dadhburzmihr (Dadmihr), menggantikannya sebagai penguasa. Pemerintahannya tidak terdokumentasi dengan baik, dan ia meninggal muda pada tahun 740/741. Ketika Khurshid dinobatkan sebagai Ispahbadh Tabaristan, dia masih kecil, dan pamannya Farrukhan si Kecil menjabat sebagai bupati selama tujuh tahun hingga Khurshid mencapai usia dewasa. Pada masa pemerintahannya, Khurshid memerintah negara yang makmur dan melakukan berbagai upaya untuk memutuskan hubungan dengan Khilafah.

Setelah revolusi Abbasiyah, timbul konflik antara Khurshid dan khalifah Abbasiyah Al-Mansur. Pada tahun 759, Al-Mansur melancarkan kampanye melawan Dinasti Dabuya dengan dalih mencari bantuan Khurshid dalam menumpas pemberontakan di Khorasan. Khurshid mengizinkan pasukan Al-Mansur melewati Tabaristan, tetapi lengah karena serangan mendadak yang menyebabkan invasi dan jatuhnya Tabaristan. Setelah melarikan diri, Khurshid mencari perlindungan di Gilan dan berusaha mengumpulkan pasukannya untuk melakukan serangan balik. Namun, ketika raja ditangkap, keluarganya bunuh diri pada tahun 761, mengakhiri pemerintahan dinasti Dabuya.[5]

Penguasa Dabuyid[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ C.E. Bosworth, The New Islamic Dynasties, (Columbia University Press, 1996), 162; "Hence in 758 the caliph undertook the definitive conquest of Tabaristan, successfully drove out Khurshid II and ended the dynasty of the Dabuyids (who, as Zoroastrians, had never accepted Islam)".
  2. ^ DABUYIDS, W. Madelung, Encyclopaedia Iranica
  3. ^ Pourshariati, Parvaneh (2008).
  4. ^ "Dabuya", B. Spuler, The Encyclopaedia of Islam, Vol.
  5. ^ Pourshariati, Parvaneh (2008).