Dinasti Babi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lambang Negara Radhanpur, salah satu wilayah kerajaan yang diperintah oleh dinasti Babi.

Dinasti Babi atau Babi saja atau juga Babai adalah sebuah masyarakat suku Pashtun di Subbenua India yang berasal dari keturunan Pashtun Afghan, tetapi sekarang lebih banyak menduduki wilayah India. Masyarakat ini melacak leluhurnya hingga pada sebuah dinasti yang didirikan pada 1654 oleh Sherkhanji Babi (memerintah pada 1654–1690).[1] Naib terakhir dari Junagadh meninggalkan India setelah peristiwa Pemisahan India pada 1947.

Masyarakat Babi memasuki India melalui Khorasan di bawah kepemimpinan Usman Khan, seorang pengikut kaisar Mughal Humayun. Bahadur Khanji Babi, putra dari Usman Khan, bermigrasi ke India and mengabdi pada orang-orang Mughal. Gelar turun-temurun (kesukuan) Babi diberikan kepadanya pada 1554 oleh Kaisar Humayun atas jasanya melawan Rana dari Chittor. Sherkhanji Babi, pendiri dinasti Babi pada 1654, tiba di Kathiawar dalam rombongan Pangeran Murad Baksh, putra Shah Jahan.[2]

Tokoh terkenal[sunting | sunting sumber]

  • Parveen Babi, aktris film Hindi
  • Muhammad Dilawar Khanji: 14th gubernur Sindh, Pakistan.
  • Muhammad Jehangir Khanji: penasihat menteri utama, Sindh.
  • Ruswa Majhalumi, pujangga Gujarati Ghazal

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Henry Soszynski. "Junagadh". Members.iinet.net.au. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-05-20. Diakses tanggal 2016-08-07. 
  2. ^ "Junagadh". The Royal Ark. Buyers, Christopher. Diakses tanggal 2010-04-12.