Dilip Shanghvi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dilip Shanghvi
Dilip Shanghvi1.jpg
Lahir1 Oktober 1955 (umur 64)
Amreli, Gujarat, India
Tempat tinggalMumbai, Maharashtra
KebangsaanIndia
AlmamaterUniversitas Calcutta (B.Com)
PekerjaanPendiri Sun Pharmaceuticals
EtnisGujarat

Dilip Shanghvi (lahir di Amreli, Gujarat, 1 Oktober 1955; umur 64 tahun) adalah seorang pengusaha yang berasal dari India. Ia adalah pendiri dari Sun Pharmaceuticals yang bergerak di bidang farmasi. Pada 2015 Forbes merilis, ia menempati posisi ke-2 dalam daftar orang tarkaya di India dan posisi ke-44 orang terkaya di dunia[1]. Ia juga Ketua dan Direktur Manager Sun Pharma Advanced Research Company dan Shantilal Shanghvi Foundation[2].

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Dilip Shanghvi dilahirkan di sebuah kota kecil, Amreli di Gujarat. Latar belakang keluarganya berasal dari keluarga Gujarat. Ia bersekolah di J. J. Ajmera High School dan Bhawanipur Education Society College, kemudian melanjutkan berkuliah di Universitas Calcutta dan lulus dengan gelar Bachelor of Commerce (B.Com) pada 1982.

Ia memulai terjun ke bidang farmasi ketika membantu ayahnya yang bekerja sebagai distributor obat-obatan di Kolkata dan memulai usaha farmasinya sendiri dengan mendirikan Sun Pharmaceutical Industries dengan modal Rs.10.000 pada 1982 di Vapi, Gujarat. Awalnya ia hanya memiliki dua orang tenaga marketing dan lima produk obat psikiatri[3]. Pada 1997, perusahaannya mengakusisi Caraco Pharma, sebuah perusahaan farmasi yang berbasis di detroit, Amerika Serikat yang saat itu merugi. Tujuannya adalah memperluas jaringan farmasinya ke Amerika Serikat. Pada 2007, ia juga mengakusisi perusahaan farmasi Israel, Taro Pharma. delain itu ia juga mengakusisi Milmet Labs yang memungkinkannya untuk mengembangkan bisnisnya ke bidang oftalmologi. Pada 2012, ia melanjutkan ekspansinya ke Amerika Serikat dengan mengakusisi URL Pharma Inc dan Dusa Pharmaceuticals Inc dan berencanan untuk meneruskan ekspansinya ke wilayah Eropa[4]. Pada Maret 2015, ia mengakusisi perusahaan kompetitor, Ranbaxy Laboratories dari perusahaan farmasi Jepang Daiichi Sankyo Co. Akusisi ini menempatkan Sun Pharmaceutical Industries sebagai perusahaan obat-obat generik terbesar kelima di dunia[5].

Saat ini, perusahaannya menjadi pabrik farmasi terbesar di India dan memiliki lebih dari 200 produk obat yang tersebar ke lebih dari 40 negara. Sun Pharmaceuticals sendiri berpusat di Mumbai, India. Pada 19 Februari 2015, kekayaannya melampaui Mukesh Ambani sebagai orang terkaya di India[6].

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • India Businessman of the Year, Indian of the Year
  • World Entrepreneur of the Year, Ernst & Young
  • The Entrepreneur for the Year, Forbes 2014

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]