Difusi permukaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Difusi permukaan merupakan jenis difusi yang dapat terjadi apabila terdapat retakan. Materi lain akan terdifusi menuju permukaan retakan karena konsentrasi di permukaan retakan menjadi lebih tinggi dibanding konsentrasi volume. Secara garis besar, difusi merupakan transfer materi melalui materi lain.[1] Difusi ini dapat ditemui pada air rendaman biji kedelai dimana air akan berdifusi dengan biji kedelai sampai partikel air menyebar luas hingga mencapai keadaan yang seimbang [2].Dalam difusi permukaan, terjadi proses pengaktifan yang terjadi pada permukaan padatan dengan melibatkan lompatan absorpsi molekul dari konsentrasi yang tinggi ke konsentrasi yang rendah.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sudirham, Sudaryatno; Utari, Ning. "Mengenal Sifat - sifat material" (PDF). Diakses tanggal 2019-12-31. 
  2. ^ Kusuma Pratiwi, Yuanita; Waluyo, Sri (2013). "PENGARUH SUHU PERENDAMAN TERHADAP KOEFISIEN DIFUSI AIR DAN SIFAT FISIK KEDELAI (Glycine max Merill)" (PDF). Jurnal Teknik Pertanian Lampung. 2: 59–66. 
  3. ^ Inglezakis, V. J.; Fyrillas, M. M. (2019). "Experimental study of zeolitic diffusion by use of a concentration-dependent surface diffusion model". Heliyon. 5.