Dianion dietunilbenzena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Dianion dietinilbenzena)
Dianion dietunilbenzena
Penanda
Model 3D (JSmol)
3DMet {{{3DMet}}}
Nomor EC
Nomor RTECS {{{value}}}
  • (para): InChI=1S/C10H4/c1-3-9-5-7-10(4-2)8-6-9/h5-8H/q-2
    Key: GGQMWKMAMDPRPA-UHFFFAOYSA-N
  • (orto): [C-]#Cc0ccccc0C#[C-]
  • (meta): [C-]#Cc0cccc(c0)C#[C-]
  • (para): [C-]#Cc1ccc(cc1)C#[C-]
Sifat
C10H42−
Massa molar 124,14 g·mol−1
Kecuali dinyatakan lain, data di atas berlaku pada suhu dan tekanan standar (25 °C [77 °F], 100 kPa).
Referensi

Dalam kimia organik, dianion dietunilbenzena adalah anion yang terdiri dari dua anion etil sebagai substituen pada cincin benzena. Dengan rumus kimia C6H4C2−4, tiga isomer posisi dimungkinkan, dibedakan dalam posisi relatif dari dua substituen di sekitar cincin:

  • dianion orto-dietunilbenzena
  • dianion meta-dietunilbenzena
  • dianion para-dietunilbenzena

Keadaan gas anion ini menarik secara teoretis. Mereka telah dihasilkan melalui dekarboksilasi asam benzena dipropionat, menggunakan teknik spektrometri massa.[1][2] Tiga isomer dianion dietunilbenzena adalah tiga superbasa terkuat yang pernah diketahui, dengan isomer orto menjadi yang terkuat, yang memiliki afinitas proton sebesar 1.843,987 kJ/mol (440,723 kcal/mol).[1] Isomer meta adalah yang terkuat kedua, dan isomer para adalah yang terkuat ketiga.

Pengamatan[sunting | sunting sumber]

Dianion ini dihasilkan dalam spektrometer massa perangkap ion kuadrupol linear. Ionisasi elektrosemprot (electrospray ionization, ESI) dari prekursor diasam menghasilkan dianion dikarboksilat [C6H4(C3O2)2]2− dengan hilangnya dua atom hidrogen, diidentifikasi secara spektrometri dengan rasio massa terhadap muatan (m/z) sebesar 106. Dianion ini dipilih secara massal dan kemudian mengalami disosiasi terinduksi tumbukan (collision-induced dissociation, CID), mengakibatkan hilangnya dua molekul karbon dioksida berturut-turut untuk membentuk dianion dietunil [C6H4(C2)2]2− pada m/z = 62. Untuk isomer orto, reaksinya adalah sebagai berikut, dengan isomer lain mengikuti proses analog tergantung pada isomer diasam asli:

Preparasi dianion o-dietunilbenzena dari prekursor asam o-dipropinoik

Reaksi[sunting | sunting sumber]

Reaksi dianion dietunilbenzena fase gas dipelajari dengan mereaksikan sejumlah kecil berbagai reagen yang ditambahkan ke gas pembawa helium dalam spektrometer. Misalnya, reaksi dengan deuterium oksida (air berat) menghasilkan monoanion terdeuterasi tunggal C6H4(C2D)(C2) yang diidentifikasi sebagai m/z = 126. Reaksi dengan benzena menghasilkan anion fenil (m/z = 77) yang menyoroti kebasaan ekstrem dianion dietunilbenzena. Percobaan reaksi dengan gas deuterium dan metana terdeuterasi tidak berhasil; penulis mengaitkan hal ini dengan penghalang aktivasi tinggi untuk abstraksi proton dari substrat tersebut.[1]

Kebasaan[sunting | sunting sumber]

Ketiga isomer ini adalah superbasa. Menurut perhitungan, dianion orto-dietunilbenzena adalah superbasa terkuat dan memiliki afinitas proton sebesar 1.843,987 kJ/mol (440,723 kcal/mol).[1] Isomer meta adalah yang terkuat kedua, dan isomer para adalah yang ketiga. Ketiganya siap menerima proton apa pun ke ekor etilnya, dari hampir semua senyawa. Ketiga isomer ini berfungsi sebagai superbasa lebih baik daripada helonium sebagai superasam.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Poad, Berwyck L. J.; Reed, Nicholas D.; Hansen, Christopher S.; Trevitt, Adam J.; Blanksby, Stephen J.; Mackay, Emily G.; Sherburn, Michael S.; Chan, Bun; Radom, Leo (12 Januari 2018). "Preparation of an ion with the highest calculated proton affinity: ortho-diethynylbenzene dianion". Chemical Science. 7 (9): 6245–6250. doi:10.1039/C6SC01726F. PMC 6024202alt=Dapat diakses gratis. PMID 30034765. 
  2. ^ Bergius, Will (19 Juli 2016). "Basically record breaking". Chemistry World.