Dewing Woodward

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Martha Dewing Woodward, c. 1916

Martha Dewing Woodward (1856–1950) adalah seorang seniman dan guru seni Amerika. Menurut berita kematiannya di "New York Times", dia adalah "salah satu pelukis terkemuka bangsa." Di antara prestasinya, ia mendirikan sekolah seni pertama di Provincetown, Massachusetts pada tahun 1896.[1] Pada tahun 1907, Woodward dan rekannya, Louise Johnson, mendirikan Blue Dome Fellowship di Woodstock, New York, yang dilanjutkan Woodward di Florida setelah dia pindah ke sana. Seni dan ajaran Woodward berkembang pesat di Florida, tempat karyanya memiliki dampak yang bertahan lama.

Woodward belajar di Pennsylvania Academy of Fine Art di Philadelphia dan Académie Julian di Paris.[2] Selain mengajar di sekolah seni musim panasnya, Woodward mengajar seni di Institut Wanita di Lewisburg (yang kemudian menjadi bagian dari Universitas Bucknell), Kolese Wanita Baltimore (kemudian Goucher College), Sekolah Budaya Etis di New York City, dan Universitas Miami di Coral Gables, Florida. Woodward aktif di dunia seni melalui melukis dan menjadi sukarelawan sampai kematiannya pada tahun 1950.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dunlap, David W. (2015). Building Provincetown. Provincetown, Mass.: Town of Provincetown and Provincetown Historical Commission. hlm. 72. 
  2. ^ Denker, Ellen (2004). Byrdcliffe: An American Arts and Crafts Colony. Ithaca, New York: Herbert F. Johnson Museum of Art. hlm. 106. 
  3. ^ Marquis, Albert Nelson (1909). "Woodward, Dewing". Who Was Who in New England. 1: 1039. 
  4. ^ Pollack, Deborah C. "Dewing Woodward, Martha". New Encyclopedia of Southern Culture. 21: Art and Architecture: 288–89. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]