Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pintu masuk utama Museum Mesir, bendera Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir (warna biru) dapat dilihat di kedua sisi bendera Mesir.

Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir (DTKM) adalah sebuah departemen dalam Kementerian Kebudayaan Mesir dari tahun 1994 hingga Januari 2011, kemudian menjadi kementerian independen, Kementerian Negara Kepurbakalaan.[1] Dewan ini adalah badan pemerintah yang bertanggung jawab atas konservasi, perlindungan dan regulasi semua barang antik dan penggalian arkeologi di Mesir.

DTKM dibentuk bersamaan dengan Departemen Kepurbakalaan yang didirikan tahun 1859. Pada tahun 1971, namanya diganti menjadi Organisasi Kepurbakalaan Mesir.[2] Akhirnya berganti nama menjadi Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir berdasarkan Keputusan Presiden No. 82 yang ditandatangani oleh Hosni Mubarak pada tahun 1994.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "SCA History". Supreme Council of Antiquities. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 October 2016. Diakses tanggal 23 October 2016. 
  2. ^ "The Egyptian Antiquities Organization" (PDF). Penn Museum. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 7 September 2015. Diakses tanggal 25 October 2016.