Detasemen Peralatan 1/1 Kostrad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Denpal Divif 1 Kostrad
Aktif15 Agustus 2007
Negara Indonesia
CabangKorps Peralatan
Tipe unitSatuan Bantuan Administrasi
Bagian dariDivisi Infanteri 1/Kostrad
MarkasDepok, Jawa Barat
JulukanDenpal Divif 1 Kostrad
MotoBarata Cakti Yudha
MaskotGranat, Pedang, Senapan
Ulang tahun15 Agustus

Detasemen Peralatan 1/1/Kostrad atau Denpal 1/Kostrad adalah Satuan pelaksana jajaran Divisi Infanteri 1/Kostrad yang memiliki tugas pokok melaksanakan pemeliharaan sampai dengan tingkat II terbatas dilapangan terhadap materil Divif 1 Kostrad dan jajarannya.

Markas Denpal Divif 1 Kostrad berlokasi di Komplek. Divisi Infanteri 1/Kostrad Jalan Raya Jakarta - Bogor Km. 39 Cilodong, depok, Jawa Barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Singkat Denpal Divif 1 Kostrad. Denpal Divif 1 Kostrad cikal bakalnya merupakan penggabungan antara Kompi Bengharlap 1/1 Kostrad dan Kompi Munisi Yonbekang 1/1 Kostrad. Denpal Divif 1 Kostrad merupakan satuan bantuan administrasi jajaran Divif 1 Kostrad yang berkedudukan langsung di bawah Pangdivif 1 Kostrad yang bertugas menyelenggarakan pembekalan dan pemeliharaan lapangan sampai dengan tingkat II terhadap materiil peralatan kesatuan Divisi Infanteri 1 Kostrad dalam rangka mendukung tugas pokok Divif 1 Kostrad. Hari jadi Denpal Divif 1 Kostrad pada tanggal 15 Agustus 2007. Sejarah berdirinya satuan Denpal Divif 1 Kostrad berawal dari satuan Kibengharlap 1/1 Kostrad dan Kompi Munisi Yonbekang 1/1 Kostrad. Kibengharlap 1/1 Kostrad yang saat itu merupakan satuan Gugus peralatan Kostrad (Guspal) yang tergabung dan merupakan bagian dari pasukan Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kostrad) yang mengabdi di dalam mempertahankan serta mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia, serta memelihara keutuhan Wilayah Nusantara guna mengupayakan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Komandan[sunting | sunting sumber]

  • Letkol Cpl Ardiansyah putra, S.E. (-2016)
  • Letkol Cpl Slamet Ariady, S.Sos. (2016-2017)
  • Letkol Cpl Ramin, S.I.P. (2017-)
  • Letkol Cpl Mampe K.D Simangunsong, S.I.P., M.Han. (2019)
  • Letkol Cpl Dony Andriatmoko, S.T., M.I.P. (2021-2024)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. (Indonesia) KOSTRAD Diarsipkan 2015-06-30 di Wayback Machine.
  2. (Indonesia) Sejarah Denpal 1/Kostrad[pranala nonaktif permanen]