Denjin Zaborger

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Denjin Zaborger
Format Tokusatsu
Pembuat Kazuo Koike
Pemeran Yoichiro Tajiri
Akira Yamaguchi
Nagami Jun (episode 1-29)
Midori Hoshino (episode 1-39)
Masahiro Kamiya
Eeichi Kikuchi
Ken Okabe (episode 1-39)
Ritsuko Fujiyama (episode 1-35)
Ken Kazato aka Yusuke Kazato (episode 22-30 dan 34-38)
Taeko Yoshida (episode 37-39)
Takanobu Toya (episode 40-52)
Mitsuko Tsutsumi (episode 40-52)
Tatsuya Sakada (episode 40-52)
Narator Masaaki Okabe
Takeshi Watabe
Ken Okabe
Komposer lagu tema Shunsuke Kikuchi
Lagu pembuka Tatakae! Denjin Zaborger oleh Masato Shimon
Lagu penutup Ore no Kyoudai Denjin Zaborger oleh Masato Shimon
Negara Bendera Jepang Jepang
Jumlah episode 52
Produksi
Durasi 30 menit per episode
Rumah produksi P Productions
Siaran
Stasiun televisi P Productions
Fuji TV
Siaran sejak 6 April 1974  29 Juni 1975

Denjin Zaborger (電人ザボーガー, Denjin Zabōgā, bahasa Inggris: Electroid Zaborger) adalah serial tokusatsu klasik yang dibuat oleh P Productions. Serial yang terdiri dari 52 episode ini merupakan hasil produksi bersama Fuji Television, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 6 April 1974 sampai dengan tanggal 29 Juni 1975.

Pemain Denjin Zaborger Akira Yamaguchi (Joji Yuki/Riderman dalam Kamen Rider V3) sebagai agen rahasia Yutaka Daimon. Robot Denjin Zaborger tidak memiliki kepribadian sama sekali, Akira Yamaguchi sebagai prajurit liar Yutaka Daimon yang memberikan hatinya dalam serial ini.

Sebuah remake film berjudul Karate-Robo Zaborgar dirilis pada tahun 2011.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Polisis Rahasia (秘密 刑事, Himitsu Keiji) agen Yutaka Daimon (大門 豊, Daimon Yutaka) kembali ke Jepang setelah mengetahui ayahnya dibunuh oleh Dr. Akunomiya (悪 之 宮 博士, Akunomiya-hakase), pemimpin kelompok kriminal Sigma (Σ 団, Shiguma-dan). Dari ayahnya Yutaka mewarisi prajurit robot Denim Zaborger, terbuat dari logam misterius Daimonium (ダ イ モ ニ ウ ム, Daimoniumu) yang merespons perintah suara Yutaka. Zaborger memiliki kemampuan unik untuk berubah menjadi sepeda motor, untuk Yutaka Daimon untuk dikendarai. (Zhnn zabōgā), untuk Yutaka Daimon.

Penanggung utama Dr. Akunomiya di Sigma adalah seorang wanita yang dikenal sebagai Miss Borg (ミ ス ボ ー グ, Misu Bōgu). Dia adalah cyborg dengan (pada episode awal saja) kemampuan untuk berubah menjadi seorang pejuang robot maskulin yang muncul. Aturan Sigma dengan Dr. Akunomiya dan Miss Borg adalah tujuh Eksekutif Sigma, pemimpin berbagai operasi Sigma di seluruh dunia. Cyborg yang jahat ini akhirnya jatuh ke Yutaka Daimon dan Denjin Zaborger. Melayani sebagai agen lapangan Sigma adalah Sigma Mecha Animals, Sigma Cyborgs, Sigma Group Hitmen (pembunuh manusia), Sigma Mecha Borg, Sigma Borg dan Sigma Soldiers. Dr. Akunomiya adalah master yang kejam dan menuntut. Dia bahkan berbalik melawan pelayannya yang paling setia, Miss Borg, menggantikannya dengan ajudan wanita baru Lady Borg (レ デ ィ · ボ ー グ, Redi Bōgu). Saat itu Sigma berada di kaki terakhirnya sehingga Lady Borg tidak bertahan lama.

Setelah cyborg dan robotnya (bahkan Miss Borg) telah gagal untuk menghilangkan Yutaka Daimon, Dr. Akunomiya menugaskan tugas untuk menyingkirkan musuh terhebatnya kepada seorang pembunuh muda, motor yang mengendarai Gen Akizuki (秋月 玄, Akizuki Gen). Sepeda motor buatan Gen Akizuki disebut Machine Hawk (マ シ ー ン · ホ ー ク, Mashīn Hōku). Teknik seni bela diri "Thunder Punch" dan "Hurricane Punch"-nya Akizuki terbukti menjadi pertandingan untuk "Flying Dragon Tri-Stage Kick" Yutaka Daimon dan memberi pahlawan beberapa momen sulit.

Setelah akhirnya mengalahkan Gen Akizuki, di episode ke 38, Yutaka Daimon dan Denjin Zaborger mengambil robot Sigma terakhir, di episode 39, dan Yutaka Daimon akhirnya berhadapan langsung dengan pembunuh ayahnya, Dr. Akunomiya. Namun, Yutaka bukan satu-satunya yang tertarik dengan kematian Sigma. Kelompok jahat lain yang bersembunyi di balik bayang-bayang berharap bisa menghilangkan saingannya. Dan Yutaka Daimon dan pertempuran Zaborger untuk memulihkan perdamaian di Jepang baru saja dimulai.

Dalam episode 40, Yutaka Daimon menemukan dirinya melawan sebuah kelompok yang lebih berbahaya lagi. Tentara Dinosaurus (恐竜 軍団, Kyōryū Gundan). Untuk memerangi kelompok ini, Yutaka Daimon bergabung dengan agen Polisi Rahasia kedua, lebih muda (dan kurang terampil) Ken Matsue (松江 健, Matsue Ken) yang mengendarai motor bertingkat bazooka yang disebut Mesin Bach (マ シ ー ン · バ ッ ハ, Mashīn Bahha). Dimulai dengan episode 41 Mesin Zaborger dan Mesin Bach bergabung membentuk Strong Zaborger (ストロング・ザボーガー, Sutorongu Zabōgā), versi yang lebih kuat dari Denjin Zaborger.

Tentara Dinosaurus dipimpin oleh monster kuno, Triple Neck Demon (魔神 三 ツ 首, Majin Mitsu Kubi). Ini adalah dinosaurus berkepala tiga / naga. Salah satu kepala binatang purba ini meludah api, satu racun gas dan satu bolt energi. Pembantu utama Triple Neck Demon adalah pemuja manusia Devil Hat (悪 魔 ハ ッ ト, Akuma Hatto) dan Princess Meza (王 女 メ ザ, Ōjo Meza). Devil Hat membuat robot berbentuk dinosaurus untuk Angkatan Darat Dinosaurus dan menggunakan topinya seperti senjata. Putri Meza adalah seorang ahli penyamaran dan berfungsi sebagai mata-mata. Di bawah ketiganya ada Mecha Angkatan Darat Dinosaurus, Tentara Dinosaurus Hitmen (pembunuh manusia) dan tentara naga berwajah reptil.

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu pembuka
  • Tatakae! Denjin Zaborger (戦え!電人ザボーガー) oleh Masato Shimon
Lagu penutup
  • Ore no Kyoudai Denjin Zaborger (おれの兄弟電人ザボーガー) oleh Masato Shimon

Pemain[sunting | sunting sumber]

Versi film[sunting | sunting sumber]

Versi film di Denjin Zaborger dirilis pada tahun 2011. Judul di film ini juga dikenal sebagai Karate-Robo Zaborgar. Film yang disutradarai oleh Noboru Iguchi ini pemainnya antara lain adalah Itsuji Itao, Yasuhisa Furuhara, Mami Yamasaki, Yuya Ishikawa, dan Aimi Satsukawa.

Pemeran

Pranala luar[sunting | sunting sumber]