Deleastartus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Deleastartus (Dalay-‘Ashtart)
Raja Tirus
Berkuasa900 – 889 SM
PendahuluAstartus (‘Ashtart) 920 – 901 SM
PenerusAstarymus (Aserymus, ‘Astar-rom) 888 – 880 SM
Kelahiran943 SM
Tirus, dugaan
Kematian889 atau 888 SM
Ayahtidak diketahui
Ibuperawat Abdastartus

Deleastartus (Dalay-‘Ashtart) merupakan seorang raja Tirus dan yang kedua dari empat bersaudara yang memegang kerajaan. Informasi mengenai dirinya telah disimpulkan dari rekonstruksi Frank M. Cross, tentang kutipan Yosefus dari penulis Fenesia, Menander dari Ephesus, di dalam Against Apion i.18.[1] Di dalam teks seperti sekarang ini, singkatan dari Yosefus/Menander, Astartus adalah nama dan Deleastartus sebagai patronim yang kedua dari keempat bersaudara tersebut untuk menerima kerajaan, sementara saudara pertama, yang membunuh Abdastartus untuk memulai dinasti tersebut, tidak disebutkan namanya. Cross memulihkan nama Astartus sebagai saudara pertama dan mengemukakan patronim sebagai petunjuk yang kedua. Untuk penjelasan lebih lanjut, lihat artikel Astarymus. Rekonstruksi Cross untuk raja-raja ini telah diikuti oleh William Barnes[2] dan digunakan di dalam artikel ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ F. M. Cross, “An Interpretation of the Nora Stone,” Bulletin of the American Schools of Oriental Research 208 (Dec. 1972) 17, n. 11.
  2. ^ William H. Barnes, Studies in the Chronology of the Divided Monarchy of Israel (Atlanta: Scholars Press, 1991) 29-55.