Deklarasi Arbroath

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Salinan deklarasi dari tahun 1320.

Deklarasi Arbroath adalah deklarasi kemerdekaan Skotlandia yang dibuat pada tahun 1320. Deklarasi ini merupakan surat yang dikirim ke Paus Yohanes XXII yang bertanggal 6 April 1320 dan dibuat dengan maksud untuk memastikan status Skotlandia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat serta mempertahankan hak Skotlandia untuk menggunakan militernya bila diserang secara tidak adil.

Deklarasi ini diyakini ditulis di Biara Arbroath oleh Bernard dari Kilwinning, dan kemudian oleh Kanselir Skotlandia dan Kepala Biara Arbroath,[1] dan dicap oleh lima puluh satu magnat dan bangsawan. Surat ini merupakan satu-satunya surat sejenis yang selamat. Surat lain ditulis oleh Raja Skotlandia Robert I dari Skotlandia dan empat uskup Skotlandia dengan pesan serupa.

Kutipan terkenal dari surat ini adalah sebagai berikut:

...karena selama ratusan dari kita masih hidup, dalam keadaan apapun kita tidak akan pernah berada di bawah kekuasaan Inggris. Nyatanya kami bertempur bukan untuk kejayaan, bukan untuk keuangan, ataupun kehormatan, tetapi untuk kemerdekaan – untuk itu saja, yang tidak akan diserahkan oleh orang jujur selain dengan nyawanya.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ronald McNair Scott: Robert the Bruce, King of Scots, Canongate 1996, hal. 196, ISBN 0-86241-616-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]