Defenestrasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kesan Matthäus Merian tentang Pengawajendelaan Praha 1618

Pengawajendelaan atau defenestrasi (dari bahasa Latin Baru de fenestra[1]) adalah tindakan membuang seseorang atau sesuatu dari jendela.[2] Istilah ini diciptakan sekitar waktu kejadian di Puri Praha pada tahun 1618 yang memicu Perang Tiga Puluh Tahun. Hal ini dilakukan dengan "gaya Bohemia yang baik", merujuk pada pengawajendelaan yang terjadi di Balai Kota Baru Praha hampir 200 tahun sebelumnya (Juli 1419), yang juga menyebabkan Peperangan Hussite pada saat itu.[3] Kata ini berasal dari bahasa Latin Baru[4] de- (turun dari) dan fenestra (jendela atau bukaan).[5]

Selain itu, istilah ini juga digunakan untuk menggambarkan penyingkiran musuh secara paksa atau keras.[6]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Istilah ini berasal dari dua peristiwa dalam sejarah, kedua-duanya terjadi di Praha. Pada tahun 1419, tujuh pejabat kota dilempar dari Balai Kota Baru, yang memicu Peperangan Husite. Pada tahun 1618, dua gubernur imperial dan panitera mereka dilempar dari Puri Praha, yang memicu Perang Tiga Puluh Tahun.[7] Peristiwa-peristiwa ini, khususnya pada tahun 1618, dirujuk sebagai Pengawajendelaan Praha dan memunculkan istilah dan konsepnya.

  • Kata defenestrasi berasal dari bahasa Latin Baru defenestratio; dengan berarti "keluar" + fenestra berarti "jendela" + -atio  sebagai akhiran yang menunjukkan tindakan atau proses.
  • Kata pengawajendelaan diturunkan dari peng--an sebagai apitan yang menunjukkan tindakan atau proses, awalan awa- berarti hilang, bebas dari, buang, hapus + jendela.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Meaning of defenestration in English". Oxford English Dictionary. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 November 2020. 
  2. ^ Oxford English Dictionary
  3. ^ Swedish encyclopedia NE2000, digital version, article "defenestrestrationerna i Prag"
  4. ^ same ref.; "New Latin" could be said to be the collection of "Latin" words which wasn't in use by the Romans
  5. ^ Douglas Harper (2001). "defenestration". Online Etymological Dictionary. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 10, 2016. 
  6. ^ "Latin American Herald Tribune - Caracas Metromayor's 'Political Defenestration' All But Complete in Venezuela". www.laht.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 April 2018. Diakses tanggal 9 Mei 2018. 
  7. ^ Wedgwood, C.V. (1938). The Thirty Years War (edisi ke-2005). New York Review of Books. hlm. 78–79. ISBN 978-1-59017-146-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]