Decu-tebing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Decu-tebing
Thamnolaea

1. T. cinnamomeiventris ♂, 2. T. coronata ♂, T. cinnamomeiventris
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliMuscicapidae
GenusThamnolaea
Cabanis, 1850
Tata nama
Sinonim taksonMyrmecocichla

Thamnolaea adalah genus kecil burung pengicau dalam keluarga penangkap lalat Dunia Lama Muscicapidae, terdiri dari dua spesies yang berkerabat dekat. Mereka berasal dari Afrika sub-Sahara, di mana mereka hidup secara monogami, berpasangan teritorial di sepanjang lereng berhutan ringan, di inselberg, dan di daerah terjal. Mereka biasanya mengangkat dan mengipasi ekornya, serta mengeluarkan suara yang melengking dan lancar. Mereka juga berduet atau meniru jenis burung lainnya. Sarang dilakukan pada awal musim panas, dan bahan sarangnya sendiri sering ditempatkan di sarang pelet lumpur tua burung walet Cecropis . Satu sarang yang biasanya terdiri dari tiga telur berbintik coklat hanya ditetaskan oleh betina. [1] Variasi bulu secara geografis terlihat jelas pada kedua spesies.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Thamnolaea cinnamomeiventris Decu-tebing coklat lereng curam dan inselberg di Afrika bagian timur dan selatan.
</img> Thamnolaea coronata Decu-tebing mahkota-putih inselbergs dan dataran tinggi Afrika Barat (terkadang dianggap sebagai subspesies dari T. cinnamomeiventris ) [2]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tarboton, Warwick (2001). A Guide to the Nests and Eggs of Southern African Birds. Cape Town: Struik. hlm. 174. ISBN 1-86872-616-9. 
  2. ^ Collar, N. "Mocking Cliff-chat (Thamnolaea cinnamomeiventris)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World Alive. Lynx Edicions. Diakses tanggal 30 May 2016. (perlu berlangganan)