David Gelernter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

David Gelernter
David Gelernter.jpg
Gelernter pada tahun 2011
LahirDavid Hillel Gelernter
5 Maret 1955 (umur 67)
AlmamaterUniversitas Yale (B.A., 1976)
Universitas Negeri New York di Stony Brook (Ph.D., 1982)
Suami/istriJane Gelernter
PenghargaanAnggota National Council on the Arts (2003)
Karier ilmiah
BidangIlmu komputer
Komputasi paralel
Yudaisme
Sastra
Seni visual
InstitusiUniversitas Yale

David Hillel Gelernter (lahir 5 Maret 1955) adalah seorang ilmuwan komputer, seniman, dan penulis Amerika. Dia adalah profesor ilmu komputer di Universitas Yale.

Gelernter dikenal karena kontribusinya pada komputasi paralel pada 1980-an, dan untuk buku-buku tentang topik-topik seperti dunia komputer (Mirror Worlds). Gelernter juga dikenal karena keyakinannya, yang diungkapkan dalam bukunya America-Lite: How Imperial Academia Dismantled Our Culture (dan Ushered in the Obamacrats), bahwa akademisi liberal memiliki pengaruh destruktif pada masyarakat Amerika. Dia juga dikenal karena pandangannya terhadap perempuan dalam angkatan kerja, dan penolakannya terhadap konsensus ilmiah mengenai perubahan iklim antropogenik dan evolusi.

Pada tahun 1993, Gelernter dikirimi bom surat oleh Ted Kaczynski, yang dikenal sebagai Unabomber. Dia membukanya dan ledakan yang dihasilkan hampir membunuhnya, meninggalkan dia dengan kehilangan permanen penggunaan tangan kanannya, dan kerusakan permanen pada mata kanannya.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Unabomber's act still affects prof. Gelernter". yaledailynews.com. 29 January 2007.