David Empringham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

David Empringham (lahir 28 Desember 1963) adalah pembalap mobil Kanada. Dia adalah juara dua kali Toyota Atlantic, satu kali Indy Lights dan dua kali Continental Tire Sports Car Challenge. Baru-baru ini, Empringham memenangkan gelar pembalap kelas GS 2012 Grand-Am Continental Tire Sports Car Challenge dengan co-driver John Farano.

Lahir di Toronto, Ontario, Empringham memulai karir balapnya pada tahun 1987, berkompetisi di seri Spenard/David Formula 2000. Dia kemudian berkompetisi secara teratur di seri GM Motorsport (rekan setim legenda balap Kanada Richard Spenard) selama beberapa tahun, mengendarai beberapa balapan di IMSA seri Firestone Firehawk, Porsche Turbo Cup dan Formula Toyota Atlantik.

Pada tahun 1992, Empringham mulai berkompetisi penuh waktu di Toyota Atlantic Championship, di mana ia memenangkan kejuaraan berturut-turut pada tahun 1993 dan 1994. Pada tahun 1993 David memenangkan Kejuaraan dengan balap CANASKA "underdog" dan sponsor Ban Kanada, berbasis di Toronto, Ontario. 1994 melihat Empringham pindah ke tim balap BDJS, yang berbasis di Indianapolis, Indiana, dengan membawa sponsor Ban Kanada bersamanya. 1995 melihat Empringham nyaris kehilangan memenangkan kejuaraan ketiga, dikalahkan oleh Richie Hearn untuk gelar.

1996 melihat Empringham pindah ke Indy Lights, menggantikan Greg Moore, yang telah pindah ke operasi CART tim, di Lola balap Player/Forsythe. 1996 melihat banyak kemenangan termasuk kemenangan mendebarkan dalam balapan Indy Lights tercepat yang pernah dijalankan di tepian tinggi Michigan International Speedway selama akhir pekan Pelantikan 500 AS di bulan Mei, dan akhirnya Kejuaraan lain untuk mantel "Emp", mengambil Judul Indy Lights 1996. 1997 melihat beberapa keberhasilan, tetapi tidak ada kejuaraan.

Pada tahun 2001, setelah beberapa tahun keluar dari sorotan, David mulai berkompetisi Paruh waktu dalam balapan seri Grand-Am Cup dan Grand-Am Motorola. Selama musim 2005, ia berhasil meraih 2 kemenangan dan 8 finis sepuluh besar dalam perjalanannya menuju gelar seri GS dengan co-driver Scott Maxwell mengemudi untuk Multimatic Motorsports.

Sejak itu, Empringham telah berkompetisi dalam Mitsubishi Lancer Evolution di Time Attack acara untuk tim Sierra Sierra Enterprises (AS). Empringham adalah runner up dua kali di World Time Attack Challenge di Sydney, Australia (2010, 2011), kedua kali kalah dari Tarzan Yamada, yang mengemudi untuk Cyber Jepang Tim Evo di Mitsubishi Lancer Evolution serupa.

Pada tahun 2012 Empringham kembali ke balap penuh waktu di Continental Tire Sports Car Challenge dengan co-driver John Farano di #83 BGB Motorsports Porsche Carrera. Setelah musim poin yang konsisten selesai (namun tidak ada kemenangan), Empringham dan John memenangkan gelar pembalap 2012. Pada tahun 2013, Dave kembali ke Multimatic Motorsports bersama Farano untuk berkompetisi di seri CTSCC di mobil balap Grand-Am Aston Martin Vantage V8 #15.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]