David D. McKiernan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

David D. McKiernan (lahir 11 Desember 1950) adalah pensiunan jenderal bintang empat Angkatan Darat Amerika Serikat yang bertugas di Afghanistan sebagai Komandan, Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF).[1] Ia merangkap sebagai Komandan, Pasukan Amerika Serikat – Afghanistan (USFOR-A) dari 6 Oktober 2008 hingga 15 Juni 2009.[2]

David D. McKiernan
David D. McKiernan Tahun 2002
Lahir11 Desember 1950 (umur 73)
Atlanta, Georgia, Amerika Serikat
Pengabdian Amerika Serikat
Dinas/cabangAngkatan Darat Amerika Serikat
Lama dinas1972–2009
PangkatJenderal
Perang/pertempuranPerang Teluk
Perang di Afganistan
Perang Irak

Sebelum di Afghanistan, McKiernan adalah Panglima Angkatan Darat Amerika Serikat, Eropa dan Angkatan Darat Ketujuh Amerika Serikat dari 14 Desember 2005 hingga 2 Mei 2008. Sebelum dipromosikan ke pangkat bintang empat, ia menjabat sebagai Komandan Jenderal Serikat Ketiga. Komando Komponen Darat Pasukan Angkatan Darat dan Koalisi Negara dari tahun 2002 hingga 2004, di mana ia memimpin semua pasukan darat sekutu selama invasi Irak tahun 2003, dan sebagai Wakil Komandan Jenderal, Komando Pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat, komando utama terbesar angkatan darat dari 2004 hingga 2005.

Menteri Pertahanan Robert Gates mengatakan kepemimpinan baru diperlukan ketika pemerintahan Presiden Barack Obama meluncurkan strategi baru dalam Perang tujuh tahun di Afghanistan.[3] McKiernan digantikan oleh dua jenderal, Jenderal Stanley A. McChrystal (Komandan) dan Letnan Jenderal David M. Rodriguez (Wakil Komandan), ISAF dan USFOR-A.[4]

Perdebatan tingkat pasukan Perang Irak[sunting | sunting sumber]

Dalam buku mereka, Cobra II, sejarawan militer Michael Gordon dan Bernard E. Trainor menyatakan bahwa McKiernan tidak senang mendengar pembatalan pengerahan Divisi Kavaleri ke-1, pasukan berkekuatan 17.000 tentara yang dijadwalkan tiba di Irak sebagai tindak lanjutnya. -pada penguatan. Pengerahannya dibatalkan pada tanggal 21 April 2003, setelah Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld mengangkat isu apakah hal itu diperlukan. Sebelumnya, sesaat sebelum perang, McKiernan mendapat persetujuan Pentagon untuk rencana perang baru yang meningkatkan jumlah pasukan darat, yang disebut rencana perang baru COBRA II.

Selama Operasi Pembebasan Irak, McKiernan memiliki pandangan yang berbeda tentang medan perang dibandingkan atasannya, Jenderal Tommy Franks. McKiernan melihat para pejuang Fedayeen Saddam sebagai ancaman besar dan salah satu "pusat gravitasi" di Irak, sementara kaum Frank mengabaikan pentingnya para laskar. Militer juga terkejut ketika McKiernan dan stafnya tidak diberi komando untuk operasi pasca perang di Irak, yang malah diberikan kepada Korps V dan Letnan Jenderal Ricardo Sanchez yang baru dipromosikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Committee on Armed Services (2010-11-18). NOMINATIONS BEFORE THE SENATE ARMED SERVICES COMMITTEE, SECOND SESSION, 111TH CONGRESS (dalam bahasa English). Government Publishing Office. 
  2. ^ "U.S. Department of Defense". U.S. Department of Defense (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-22. 
  3. ^ "Yahoo | Mail, Weather, Search, Politics, News, Finance, Sports & Videos". www.yahoo.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-22. 
  4. ^ "U.S. Department of Defense". U.S. Department of Defense (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-22.