Dasar-dasar penyiapan makanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dasar-dasar penyiapan makanan salah satunya harus memenuhi prinsip kebersihan sanitasi dan menjadi bagian terpenting dan perlu diperhatikan. Kehigienisan adalah suatu usaha yang dilakukan untuk melindungi, memelihara, meningkatkan derajat kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan subyeknya.[1] Tata cara menyiapkan makanan di mulai dari penyiapan bahan pangan yang terjamin kebersihan menjadi sangat penting terutama bagi para ibu-ibu karena berhubungan dengan makanan untuk keluarga maka perlu memastikan kebutuhan akan makanan sehat dan bergizi dapat terpenuhi. Dengan memasak sendiri di rumah maka beragam jenis menu masakan dapat tersaji sesuai dengan keinginan.[2]

Langkah-Langkah[sunting | sunting sumber]

Menyiapkan makanan yang aman dimulai sejak seseorang membeli bahan-bahan makanan hingga akhirnya memasak kemudian menyajikan makanan tersebut. Selain itu, perlu memahami perbedaan perishable food dan non-perishable food. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam penyiapan makanan yakni :

  • Tahapan awalnya adalah menyiapkan makanan yang aman dan sehat pada saat membeli bahan makanan itu. Tidak masalah jika membeli bahan makanan itu di pasar tradisional, kios maupun supermarket yang terpenting higienis, aman dan sehat.
  • Selanjutnya pada proses mendinginkan makanan di mana wadah penyimpanan berbahan plastik sebagai hal yang perlu diperhatikan. Plastik yang digunakan harus baik dan ikat rapat atau boleh di simpan dalam wadah yang tertutup agar bahan makanan tidak terkontaminasi oleh makanan lain.
  • Membekukan Makanan, berbeda dengan mendinginkan makanan karena membekukan itu menyimpan makanan dalam waktu yang lama. Pada langkah membekukan makanan semua orang pastinya membutuhkan freezer di mana alat ini telah menjadi sahabat. Kebiasaan masyarakat dalam be rbelanja stok bahan makanan selama seminggu bahkan lebih membuat beberapa orang tersebut membekukan bahan makanan mereka. Adapun tata aturan dalam membekukan makanan dengan aman adalah[3]
  1. Pada saat membekukan makanan di perlukan plastik pembungkus makanan yang tebal.
  2. Memilih makanan yang cocok untuk dibekukan atau sama sekali tidak boleh dibekukan.
  3. Menata bahan makanan di freezer dengan baik
  • Menyiapkan bahan makanan yang akan dimasak.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Syahadah, Robiul (4 April 2018). "6 Prinsip Hygiene Sanitasi Yang Harus diperhatikan". www.enviroment-indonesia.com. Diakses tanggal 07/01/2022. 
  2. ^ Henry (22 April 2021). "6 Syarat Utama Menyiapkan Makanan Di Rumah, Tak Hanya Enak dan Murah". www.liputan6.com. Diakses tanggal 7/1/2022. 
  3. ^ Carnelian, Chikkitta (20 Mei 2020). "Cek 8 Aturan Membekukan Makanan Dengan Aman". www.rukita.co. Diakses tanggal 7/1/2022.