Dari Jendela SMP (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dari Jendela SMP
PengarangMira W.
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
Diterbitkan1983
PenerbitPT Gramedia Pustaka Utama
Jenis mediaCetak & digital
ISBNISBN 9789792249132
OCLC67201358

Dari Jendela SMP adalah sebuah novel karya Mira W. yang diterbitkan pada 1983. Novel ini pernah diadaptasi menjadi film Biarkan Kami Bercinta karya Wim Umboh, seri televisi Dari Jendela SMP dan film DJS the Movie: Biarkan Aku Menari produksi SinemArt pada tahun 2022.

Resensi[sunting | sunting sumber]

Wulan dan Joko masih SMP. Ketidaksetujuan orangtua Wulan memaksa mereka pacaran diam-diam. Wulan berusaha memisahkan Joko dan Gino yang sedang berkelahi. Wulan babak belur sampai harus tidak masuk sekolah karena malu mukanya bengap. Joko bersimpati pada Wulan dan berusaha mengunjunginya ke rumah. Tetapi sayangnya Joko hanya seorang anak tukang bersih-bersih sekolah, sehingga dia tidak mempunyai uang untuk membeli oleh-oleh untuk Wulan. Dia tidak kekurangan akal. Dicurinya mangga Tante Irma dengan bantuan Indro, anak kepala sekolah.

Pak Suprapto marah karena anaknya sendiri dan Joko mencuri mangga. Ia mendampat Joko yang sedang bertamu di rumah Wulan. Ayah Wulan malu dan marah pada Joko sehingga tidak mengijinkan Joko bertemu Wulan. Tetapi Wulan dan Joko tetap menjadi sepasang kekasih. Mereka terpaksa berpacaran sembunyi-sembunyi.

Perasaan dihina dan dipandang rendah oleh orang membuat Joko menginginkan figur ayah. Dia memaksa ibunya memberitahu siapa ayahnya. Ibunya tetap bergeming. Joko marah, meninggalkan rumah menuju tempat Bang Ucok, pemilik bengkel tempat ia bekerja, Joko bermabuk-mabukan dan memukul penjual minuman keras dengan botol.

Joko mengira dia membunuh pemilik warung, dengan ketakutan dia melarikan diri. Namun tak lama. Uang menipis, rindu pada Wulan dan rasa bersalah pada ibunya membawanya kembali. Dia terkejut. Keadaan saat ia pulang tak lagi sama. Wulan telah hamil. Pak Prapto dibawa ke rumah sakit karena serangan stroke. Dan ia dilanda rasa cemburu terhadap calon suami Wulan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]