Dardanelles

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 40°12′LU 26°24′BT / 40,2°LU 26,4°BT / 40.2; 26.4

Letak Dardanelles.

Dardanelles (pengucapan bahasa Inggris: [ˌdɑːdəˈnelz], bahasa Turki: Çanakkale Boğazı, bahasa Yunani: Δαρδανέλλια, Dardanellia), awalnya dikenal sebagai Hellespontos (bahasa Yunani: Ελλήσποντος, Hellespontos (pengucapan bahasa Inggris: [ˈhelɪspɒnt]), secara harfiah bermakna "laut Helle", adalah selat sempit di Turki bagian barat daya yang menghubungkan Laut Aigea dengan Laut Marmara. Selat ini adalah sata satu Selat Turki, bersama dengan Selat Bosporus. Letaknya adalah di 40°13′LU 26°26′BT / 40,217°LU 26,433°BT / 40.217; 26.433. Selat ini panjangnya mencapai 61 kilometer (38 mi) tapi lebarnya hanya 1.2 sampai 6 kilometer (0.75 to 3.7 mi), dan kedalaman rata-ratanya adalah 55 meer (180 ft) dengan kedalaman maksimum mencapai 82 meter (300 ft). Air mengalir ke dua arah di selat ini, dari Laut Marmara ke Laut Aigea melalui arus permukaan dan mengalir ke arah yang berlawanan melalui arus bawah laut.

Seperti halnya Selat Bosporus, Dardanelles memisahkan benua Eropa (semenanjung Gallipoli) dari benua Asia. Selat ini adalah perairan internasional, dan bersama dengan Bosporus, selat ini menghubungkan Laut Hitam dengan laut Tengah. Selat ini sangat strategis karena menjadi penghubung Eropa dan Asia. Tercatat dalam sejarah daerah ini menjadi daerah pertempuran antara lain Perang Troya pada jaman yunani kuno serta Kampanye Gallipoli saat Perang Dunia I.

Sebuah jembatan gantung direncanakan untuk dibangun melintasi selat ini, dan akan menghubungkan Saricay (sebuah distrik di Çanakkale) di Asia dengan Kilitbahir di Eropa.[1]


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

monuments and memorials of the gallipoli campaign along the Dardanelles [1]