Danny Ings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Danny Ings
Danny Ings Liverpool.jpg
Ings bermain untuk Liverpool pada 2015
Informasi pribadi
Nama lengkapDaniel William John Ings[1]
Tanggal lahir23 Juli 1992 (umur 29)[2]
Tempat lahirWinchester,  Inggris
Tinggi5 ft 10 in (1,78 m)[2]
Posisi bermainPenyerang
Informasi klub
Klub saat iniSouthampton
Nomor9
Karier junior
Bournemouth
Karier senior*
TahunTimTampil(Gol)
2009–2011Bournemouth27(7)
2010Dorchester Town (pinjaman)9(4)
2011–2015Burnley122(38)
2015–Liverpool14(2)
2018–2019Southampton (pinjaman)24(7)
2019–Southampton42(25)
Tim nasional
2013–2015Inggris U-2113(4)
2015–Inggris3(1)
* Penampilan dan gol di klub senior hanya dihitung dari liga domestik dan akurat per 12 Oktober 2020.

‡ Penampilan dan gol di tim nasional
akurat per 12 Oktober 2020

Daniel William John "Danny" Ings (lahir 23 Juli 1992) adalah seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Inggris yang bermain untuk klub Southampton, biasa bermain pada posisi penyerang.

Danny Ings memulai karirnya di tim junior Southampton tetapi dibebaskan sebagai anak sekolah. Dia kemudian bergabung dengan Bournemouth, berkembang melalui sistem pemuda mereka, sementara juga menghabiskan waktu di Dorchester Town dengan status pinjaman. Pada tahun 2011 Ings bergabung dengan Burnley dengan ia memenangkan penghargaan pemain terbaik liga Kejuaraan EFL Tahun 2013-14, dan membantu mereka mencapai promosi ke Liga Premier. Menyusul degradasi Burnley, dan kontraknya dengan klub berakhir, Ings pindah ke Liverpool pada musim panas 2015, tetapi musim pertamanya di Anfield berakhir setelah dua bulan karena cedera. Musim keduanya bersama Liverpool juga diwarnai oleh cedera, dengan Ings hanya membuat dua penampilan Piala EFL sepanjang musim 2016-17. Ings bergabung dengan Southampton dengan status pinjaman pada Agustus 2018, dengan kepindahannya menjadi permanen pada 1 Juli 2019 setelah Southampton memutuskan untuk mengambil opsi untuk membelinya berdasarkan klausul dalam kesepakatan pinjaman.

Dulunya ia adalah pemain Tim nasional sepak bola U-21 Inggris, Ings melakukan debut seniornya untuk Tim nasional sepak bola Inggris pada Oktober 2015.[3][4]

Karier Klub[sunting | sunting sumber]

Karier Awal[sunting | sunting sumber]

Ings lahir di Winchester, Hampshire dan besar di Netley, Hampshire. Sebagai seorang anak, ia bersekolah di Netley Abbey Primary School dan Hamble Community Sports College. Ings bermimpi bermain untuk klub lokal Southampton, tetapi ditolak karena terlalu kecil. Dia menandatangani kontrak dengan Southampton dari Netley Central Sports, sebelum dibebaskan sebagai anak sekolah. Setelah dibebaskan, Ings bermain untuk Itchen Tyro.

AFC Bournemouth[sunting | sunting sumber]

Dia menandatangani kontrak magang dua tahun dengan Bournemouth pada Mei 2008, setelah berkembang melalui Center of Excellence klub saat dia masih di sekolah menengah di Hamble Community Sports College. Ia juga sebelumnya memiliki pengalaman bermain untuk tim cadangan. Ia menjadikan profesionalnya debut untuk Bournemouth pada 6 Oktober 2009, dengan kekalahan tandang 2-1 dari Northampton Town di Piala Liga Sepak Bola, menggantikan Jason Tindall di babak kedua sebagai pengganti. Musim keduanya di tim junior dirusak oleh cedera perut jangka panjang, yang membatasi waktu bermainnya. Dia tetap bersama tim junior sampai musim panas 2010, ketika dia menandatangani kontrak jangka pendek selama tiga bulan. Dia memperpanjang kontraknya pada September 2010, hingga akhir musim 2010-2011. Pada bulan September 2010, ia dikirim dengan satu pertama pinjaman ke Conference South klub Dorchester Town. Debutnya untuk The Magpies terjadi pada 11 September 2010, mencetak gol penyeimbang dalam kekalahan kandang 2–1 dari Ebbsfleet United. Gol keduanya untuk Dorchester terjadi pada 24 September, mencetak penalti dalam kemenangan 4–1 atas Mangotsfield United di FA Cup. Pada tanggal 6 Oktober, pinjamannya diperpanjang untuk satu bulan berikutnya. Gol berikutnya datang saat ia kalah 4–1 dari Havant & Waterlooville dan the Magpies tersingkir dari FA Cup. Pada 16 Oktober, ia mencetak gol kedua dalam kemenangan liga 2-0 atas Lewes, setelah masuk sebagai pemain pengganti Giuseppe Sole. Dia mencetak gol kelimanya saat menang tandang 2–1 atas Staines Town, mencetak gol pembuka. Gol pertamanya di bulan November terjadi saat kekalahan kandang 2–1 dari Maidenhead United, yang mengakhiri enam pertandingan tak terkalahkan. Pada tanggal 12 November 2010, pinjamannya diperpanjang untuk ketiga kalinya selama satu bulan tambahan. Dia mencetak gol kedua dalam kemenangan 3–1 atas Weston-super- Mare di FA Trophy untuk membantu mereka maju ke babak berikutnya. Pada tanggal 23 November, aksinya di Dorchester dihentikan saat dia ditarik kembali dari masa pinjamannya oleh Bournemouth karena krisis cedera di klub.

Pada tanggal 30 November, dia menandatangani perpanjangan kontrak baru yang berlangsung hingga 2012. Ia melakukan debut liga dan start pertama untuk Bournemouth pada 28 Desember 2010, dalam kekalahan tandang 2-0 dari Milton Keynes Dons di League One, di mana ia diganti di babak pertama untuk Steve Fletcher. Dia mulai menjadi pemain reguler tim utama dan mencetak gol profesional pertamanya melawan Swindon Town pada tanggal 1 Februari 2011, di Kemenangan 3–2 di Dean Court. Performanya membuatnya dihadiahi perpanjangan kontrak baru, yang berlangsung hingga 2013. Pada 26 Februari 2011, ia mencetak gol sundulan untuk menyamakan kedudukan menjadi 2 –1 menang tandang di Dagenham & Redbridge di liga. Pada 1 April ia menambah golnya dengan satu gol melawan Peterborough United bermain imbang 3–3. Dia mengalami banyak hal dalam mencetak gol sejak bulan April, mencetak empat gol dalam tiga pertandingan. Dia mencetak tendangan overhead untuk menyamakan kedudukan di menit terakhir melawan Tranmere Rovers, namun, Cherries kemudian kalah dalam pertandingan 2–1. Dia juga mencetak gol dalam kemenangan tandang 2–0 atas Notts County. Dia mencetak brace pertamanya dalam hasil imbang 2–2 dengan Yeovil Town, termasuk satu penalti. Gol terakhirnya untuk Bournemouth terjadi di pertandingan terakhir musim ini, dalam kekalahan semifinal play-off dari Huddersfield Town, saat Bournemouth tersingkir melalui adu penalti.

Pada musim panas 2011, ia dikaitkan dengan kepindahan yang dilaporkan dari Bournemouth dengan Celtic, Liverpool dan Newcastle United. Klub Liga Utama Fulham juga memiliki tawaran £400.000 yang ditolak oleh klub. Pada bulan Juli 2011, ia dihadiahi kontrak kelima dalam dua belas bulan, meningkatkan kesepakatannya untuk menjadi salah satu penerima gaji teratas di klub. Dia tetap di klub selama pramusim dan mulai di pertandingan pertama musim ini di Kekalahan tandang 3-0 dari Charlton Athletic. Itu terbukti menjadi penampilan terakhirnya untuk klub.

Burnley[sunting | sunting sumber]

Ings bermain untuk Burnley pada tahun 2012

Pada tanggal 15 Agustus 2011, Ings menandatangani kontrak dengan klub Championship Burnley dengan biaya yang dirahasiakan yang diyakini berada di wilayah £1 juta, dengan kontrak empat tahun. Dia bergabung kembali dengan mantan manajer Bournemouth Eddie Howe yang melakukan langkah yang sama delapan bulan sebelumnya.

Dia melakukan debutnya pada 14 Februari 2012, dalam kemenangan 2-0 atas Barnsley di Turf Moor, di mana dia masuk sebagai pemain pengganti Charlie Austin. Start pertamanya datang sebulan kemudian pada 10 Maret 2012, dengan hasil imbang 1-1 di kandang dengan Crystal Palace di liga. Gol pertamanya untuk Burnley terjadi pada tanggal 31 Maret, dalam kemenangan 5–1 melawan Portsmouth di Fratton Park. Gol keduanya datang setelah mengikuti pertandingan, dimana dia mencetak gol penyeimbang dalam kekalahan 3–1 dari Birmingham City. Dia mencetak gol ketiganya musim ini di pertandingan terakhir musim, tendangan 30 yard dalam hasil imbang 1-1 di kandang dengan Bristol City.

Dia memulai musim 2012-13 sebagai pilihan reguler pertama di pramusim menyusul penjualan striker Jay Rodriguez ke Southampton. Dia mencetak gol dalam kemenangan persahabatan atas Altrincham dan Bury. Dia menderita cedera lutut serius lainnya di pertandingan pramusim terakhir, kalah 3–1 dari Rochdale. Dia harus mengalami cedera tulang rawan di lutut yang mengakibatkannya wajib menjalani operasi, membuatnya absen hingga enam bulan.

Menyusul kepergian pencetak gol terbanyak Charlie Austin ke Queens Park Rangers, Ings menjadi striker utama menjelang 2013–14 season. Dia mengumpulkan serangkaian penampilan mengesankan dalam kampanye pramusim Clarets dan mencetak dua gol dalam tiga pertandingan liga pembuka serta gol di Piala Liga melawan Kota York. Atas keberlanjutan awal yang baik untuk musim ini, Ings dinobatkan sebagai Pemain Kejuaraan Bulan Ini untuk Oktober.

Pada bulan Maret 2014, Ings memenangkan Pemain Kejuaraan Tahun Ini di Penghargaan Liga Sepakbola, mengungguli dua nominasi lainnya: striker Leeds United Ross McCormack dan Leicester Gelandang City Danny Drinkwater. Ia mengakhiri musim Kejuaraan 2013–14 dengan 22 gol saat Burnley finis kedua dan mendapatkan promosi ke Liga Premier.

Pada 19 Agustus 2014, Ings melakukan debutnya di Liga Premier dengan kekalahan 3–1 dari Chelsea di Turf Moor. Gol Liga Premier pertamanya terjadi setelah kekalahan 1-3 dari Everton pada tanggal 26 Oktober.

Pada tanggal 22 November 2014, Ings mencetak kedua gol Burnley dalam kemenangan 2-1 di Stoke City untuk kemenangan tandang pertama mereka musim Liga Premier, miliknya dua gol tercipta dalam waktu dua menit. Dia membuat penampilan liga ke-100 untuk Burnley dalam kemenangan 1-0 melawan Southampton pada 13 Desember.

Ings bermain untuk Burnley pada 2015

Selama Januari dan Februari 2015, Ings mencetak lima gol dalam enam pertandingan Liga Premier, membantu tim mencapai hasil imbang dengan Newcastle United dan West Bromwich Albion, dan mengalahkan Queens Park Rangers. Bulan Mei , ia mencetak gol kemenangan dalam kemenangan 1-0 atas Hull City dan Aston Villa untuk mengakhiri musim dengan 11 gol dari 35 penampilan liga.

Liverpool[sunting | sunting sumber]

Pada 8 Juni 2015, Liverpool mengumumkan bahwa mereka telah menyetujui persyaratan pribadi dengan Ings, tunduk pada medis, serta biaya pengembangan yang harus dibayarkan ke Burnley untuk pemain di bawah 24 tahun, untuk dinegosiasikan antara dua klub atau ditentukan oleh pengadilan. Berdasarkan pengadilan, biaya akan diputuskan oleh Komite Kompensasi Sepak Bola Profesional. Pada 28 April 2016, saga transfer tersebut akhirnya diselesaikan. Liverpool akan membayar Burnley biaya rekor untuk sidang pengadilan: £6,5 juta di muka, dengan tambahan £1,5 juta dalam bonus terkait kinerja pemain. Burnley kemudian memperoleh tambahan £3,6 juta karena klausul yang membuat mereka mendapatkan 20% dari £18 juta yang diterima Liverpool dari menjual Ings ke Southampton.

Ings melakukan debut kompetitifnya pada 29 Agustus 2015 dengan kekalahan 3-0 melawan West Ham di Anfield. Ia melakukan debut Eropa untuk klub pada 17 September di pertandingan penyisihan grup UEFA Europa League melawan Bordeaux, sebagai pengganti Divock Origi dengan hasil imbang 1-1. Tiga hari kemudian , ia menggantikan Christian Benteke di babak pertama dan dalam waktu tiga menit mencetak gol Liverpool pertamanya saat bermain imbang 1–1 melawan Norwich City. Pada 4 Oktober 2015, ia membuka hasil imbang dengan skor yang sama melawan Everton di Merseyside derby.

Pada tanggal 15 Oktober 2015, dalam sesi latihan pertamanya di bawah manajer baru Jürgen Klopp, Ings menderita cedera ligamen anterior di lutut kirinya dan harus absen selama sisa musim ini. Namun, Ings kembali lebih cepat dari yang diantisipasi, membuat penampilan pengganti di pertandingan terakhir musim ini, bermain imbang 1-1 dengan West Bromwich Albion. Ings memulai musim 2016-17 dengan bermain di tim cadangan untuk membantu memulihkan kebugarannya. Pada 25 Oktober 2016, Ings mengalami cedera pada lutut kanannya dalam pertandingan Piala Liga melawan Tottenham Hotspur yang membutuhkan waktu istirahat hingga 9 bulan. Ia berhasil menjalani operasi untuk memperbaiki kerusakan pada lututnya dan memulai rehabilitasi di Melwood pada tanggal 9 November.

Pada 19 September 2017, Ings membuat penampilan pertamanya dalam 11 bulan sejak cedera ketika ia masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua saat kalah 2-0 dari Leicester City di Piala EFL. Pada 21 April 2018, ia mencetak golnya gol pertama setelah kembali dari cedera saat bermain imbang 2-2 dengan West Brom. Ini adalah gol pertamanya sejak 2015 dan juga gol pertamanya di bawah Jürgen Klopp.

Southampton[sunting | sunting sumber]

Ings bermain untuk Southampton pada 2018

Setelah berjuang untuk mendapatkan waktu bermain di musim 2017-18 karena bentuk penyerang Roberto Firmino, Mohamed Salah, dan Sadio Mané, Ings meminta untuk pindah dari Liverpool pada musim panas 2018. Ings adalah sosok yang populer di ruang ganti dan Jurgen Klopp enggan membiarkannya pergi meskipun penampilannya terbatas di musim sebelumnya. Ings bergabung dengan klub Premier League Southampton pada 9 Agustus 2018 dengan pinjaman awal hingga akhir musim, yang akan menjadi permanen pada 1 Juli 2019, dengan biaya yang dilaporkan sebesar £18 juta, ditambah kemungkinan £2 juta lagi juta berdasarkan penampilan. Pada 12 Agustus, ia melakukan debutnya sebagai pemain pengganti di babak kedua dengan hasil imbang tanpa gol dengan mantan klub Burnley. Dia kemudian mencetak gol pada start pertamanya lima hari kemudian dalam kekalahan 2-1 dari Everton sebelum mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-0 Southampton atas Crystal Palace pada awal bulan berikutnya, membantu klub meraih kemenangan pertama mereka di musim ini.

Pada 1 Juli 2019, transfer ke Southampton dijadikan permanen. Pada 16 Juli 2020, Ings mencetak gol liga ke-20 di musim 2019-20 bermain imbang 1–1 dengan Brighton & Hove Albion. Ia menjadi pemain ketiga dalam sejarah Southampton yang mencapai angka 20 gol di Liga Premier setelah Matt Le Tissier dan James Beattie. Pada 26 Juli, Ings mengonversi penalti di Southampton 3–1 atas Sheffield United pada hari terakhir musim liga, menjadikan penghitungan terakhirnya untuk musim ini menjadi 22 gol di Liga Premier, dan 25 di semua kompetisi. Dia menempati posisi kedua dalam balapan Sepatu Emas Liga Premier dengan striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, satu gol di belakang Jamie Vardy dari Leicester.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Danny Ings". Barry Hugman's Footballers. Diakses tanggal 25 May 2015. 
  2. ^ a b "Burnley FC Player Profiles: Danny Ings". Burnley F.C. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-25. Diakses tanggal 25 May 2015. 
  3. ^ "Reds agree deal to sign Danny Ings". liverpoolfc.com. 8 June 2015. Diakses tanggal 8 June 2015. 
  4. ^ Hughes, David (29 May 2015). "Danny Ings to Liverpool: Reds may have to pay record £8m tribunal fee to secure free agent". The Independent. Diakses tanggal 8 June 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]