Danau Dal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pemandangan Danau Dal

Danau Dal adalah danau yang terletak di Kota Srinagar, negara bagian Jammu dan Kashmir, India. Danau terbesar di negara bagian tersebut penting untuk kegiatan perikanan, perairan, rekreasi, dan pariwisata. Luasnya sekitar 18 km2 dengan panjang tepian sekitar 15.5 km. Di musim dingin, suhu danau bisa mencapai −11 °C.[1] Danau ini dikelilingi oleh hotel, rumah apung, dan taman yang berdiri sejak Kekaisaran Mughal sehingga menjadi daya tarik wisata.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penguasa Mughal mengembangkan daerah di sekitar danau dengan mendirikan taman dan rumah singgah bergaya Mughal yang luas sebagai tempat peristirahatan. Kematinan Aurangzeb pada tahun 1707 menyebabkan perpecahan Kekaisaran Mughal. Kekaisaran Afghan, Durrani kemudian memerintah wilayah tersebut diikuti dengan meningkatnya populasi orang Pashtun.[2] Kekaisaran ini memerintah selama beberapa dekade, hingga di awal abad ke-19 wilayah lembah Kashmir dianeksasi oleh Raja Ranjit Singh dan menyebabkan pengaruh Sikh berkembang di wilayah tersebut.[3]

Setelah kemerdekaan India, orang-orang Kashmir memelihara rumah-rumah apung, membudidayakan taman terapung, dan memproduksi komoditas untuk pasar sebagai pekerjaan utama mereka. Rumah apung juga menyediakan akomodasi di Srinagar. Karena direbut oleh banyak bangsa, termasuk Mughal, Afghanistan, Sikh, dan Dogra, tempat ini dijuluki "Permata di mahkota Kashmir".

Flora dan Fauna[sunting | sunting sumber]

Terdapat berbagai jenis pohon di lembah sekitar danau. Daerah ini juga kaya akan tanaman seperti padi, gandum, dan pakan ternak. Tumbuhan terapung, 'rad' dalam bahasa Kashmir adalah vegetasi khas yang hidup mengambang di danau. Kandungan nutrisi yang kaya juga memungkinkan tomat, mentimun, dan melon ditanam dengan hasil yang baik.

Hewan yang hidup di danau adalah zooplankton, bentos, dan ikan. Industri perikanan di Dal adalah industri terbesar kedua di wilayah ini dan merupakan mata pencaharian utama banyak orang yang tinggal di pinggir danau.[4] Perikanan komersial Dal sangat bergantung pada spesies ikan mas, yang dibiakkan di danau sejak tahun 1957. Akibatnya, ikan mas merupakan 70% dari total ikan tangkapan di danau, sedangkan spesies schizothonax 20% dan spesies lainnya berjumlah 10%. Nelayan menggunakan jaring yang dibuat sendiri dengan diameter 6 meter. Jaring ini dijatuhkan dari perahu kayu yang biasanya berukuran 6x6 m. Penurunan kualitas air danau akibat polusi telah menyebabkan menurunnya hasil tangkapan dan punahnya varietas ikan endemik. Untuk mengatasinya, identifikasi polusi dan penanggulangannya sudah mulai dikerjakan di danau.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Danau ini memiliki banyak situs dan tempat menarik, banyak di antaranya adalah warisan budaya Srinagar. Selain Shalimar Bagh dan Nishat Bagh, beberapa tempat lain yang sering dikunjungi wisatawan adalah Kuil Shankaracharya[5], Hari Parbat, Danau Nigeen, Chashme Shahi, Kuil Hazratbal[6], dan Pemakaman Mazar-e-Shura yang berisi kuburan penyair Mughal yang terkenal. Pengunjung dan penduduk sekitar juga menikmati bersantai di atas air di rumah apung atau perahu shikara yang sering disebut "gondola kashmir".[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jain, Sharad K; Pushpendra K. Agarwal; Vijay P. Singh 2007, hlm. 978: "During winters when the temperature may fall to as low as -11 °C (....)"
  2. ^ Muhyi'd Dīn Sūfī, Ghulām 1974, hlm. 287: "The acquisition of the Punjab enabled the Durrani to take Kashmir in 1752 (...)"
  3. ^ Singh, Gulcharan 1976, hlm. 41: "(...) Kashmir had been captured in 1812 (...) "
  4. ^ "Dal Lake, Dal Lake in Himachal Pradesh, Boat Cruise at Dal Lake : Eco India". www.ecoindia.com. Diakses tanggal 2019-12-02. 
  5. ^ "Amarnath pilgrims reach Shankaracharya temple". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 2009-07-22. Diakses tanggal 2019-12-02. 
  6. ^ "Houseboats Kashmir". www.houseboatskashmir.com. Diakses tanggal 2019-12-02. 
  7. ^ "Department of Tourism, Jammu and Kashmir - Shikara Boat Ride". jktourism.org. Diakses tanggal 2019-12-02. 

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

Jain, Sharad K; Pushpendra K. Agarwal; Vijay, P. Singh (2007). Hydrology and water resources of India. Dordrecht: Springer. ISBN 1-4020-5179-4. 

Ghulam, Muhyi'd Din Sufi (1974). Kashīr: Being a History of Kashmir from the Earliest Times to Our Own. Lahore: Light & Life Publisher. 

Singh, Gulcharan (1976). Ranjit Singh and his generals. Jullundur: Sujlana Publisher.