Dagu ganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dagu ganda pada wajah Susilo Bambang Yudhoyono.

Dagu ganda atau dagu berlipat adalah lapisan lemak hipodermis di sekeliling leher yang turun dan menghasilkan keriput sehingga si pemiliknya seolah-olah memiliki dagu kedua. Dagu berlipat mudah dijumpai pada orang tua atau penderita obesitas. Orang berbobot sedang juga bisa memiliki dagu ganda tergantung struktur tulangnya, jumlah kulit berlebih, dan jumlah sel lemak di sekitaran dagu. Dagu berlipat lebih jelas terlihat saat rahang bawah diturunkan atau kepala miring ke bawah.

Penanganan[sunting | sunting sumber]

Bedah kosmetik dapat mengangkat lemak di bawah dagu dan mengencangkan otot di bawah rahang untuk menghilangan dagu ganda. Prosedur bedah meliputi potongan horizontal kecil di bawah dagu ganda untuk mengangkat lemak di bawah kulit. Setelah itu, irisan vertikal dibuat di antara lapisan leher dan otot rahang. Pinggirannya dijahit untuk mengencangkan lapisan otot. Seperti bedah lainnya, ada kemungkinan komplikasi. Bedah kosmetik semacam ini memiliki rasa sakit yang relatif sedikit dan memakan biaya mahal.

Bayer berhasil menguji coba prosedur invasif minimal menggunakan obat ATX-101 untuk menghilangkan dagu ganda. Obat tersebut diberikan melalui 40-70 suntikan kecil. Bayer mengklaim obat ini memberikan hasil nyata setelah 16 pekan.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dagu Ganda Bisa Hilang". Yahoo! News. 16 Januari 2011. Diakses tanggal 20 Agustus 2014.